31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Usaha Tas Bangkrut, Taufiq Banting Stir dan Kini Sukses di Bengkel Motor Custom

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa motor custom tampak terjajar di halaman rumah Kelurahan Mlati Norowito, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Di antara motor custom tersebut, tampak dua pria sedang sibuk memodifikasi motor. Satu di antara pria tersebut yakni Taufiq Budiman (45) pemilik Bengkel Topex Choopper Modification.

Sembari beraktivitas, pria yang akrab disapa Taufik sudi berbagi kisah tentang usahanya. Dia mengatakan, merintis usaha bengkel custom motor sejak 2002. Sebelum merintis usaha bengkel ia terlebih dulu punya usaha produksi tas outdoor sejak masih di bangku kuliah.

Salah satu motor custom buatan bengkel Topex Chopper Modification miliknya. Foto: Rabu Sipan.

“Dulu saya kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) jurusan teknik mesin otomotif. Di sela-sela kesibukanku itu, saya tetap meluangkan waktu untuk hobiku. Saya saat  ikut ‘mocok’ kerja di salah satu bengkel motor custom di Yogyakarta,” ungkapnya, Kamis (15/4/2021).

Baca juga: Topex Chopper Modification, Bengkel Custom yang Pelanggannya dari Seluruh Nusantara

Namun, usaha tas yang sempat sukses selama kurang lebih tiga tahun itu gulung tikar karena ditipu orang. Waktu itu, pemasarannya sudah menjangkau Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Pada tahun 2000 saya lulus kuliah dan kemudian saya fokus dengan usaha produksi tas yang aku miliki. Namun sayangnya, setahun kemudian tepatnya pada tahun 2001 usaha tas saya bangkrut,” terangnya.

Karena usahanya bangkrut, pria yang sudah dikaruniai empat anak tersebut kemudian berkutat dengan hobinya, yakni custom motor. Ia mendirikan club motor custom, kemudian memproduksi aneka atribut perlengkapan motor custom. Di antaranya jok, begel, helm kulit, knalpot, tangki, dan lainnya.

“Saat itu masih iseng-iseng, tapi banyak teman yang pesan. Sehingga teman-teman banyak yang mendorong agar saya mendirikan bengkel motor custom,” kenangnya.

Kemudian ia pun mendirikan bengkel motor custom dengan nama Topex Choopper Modification. Awal membuka bengkel custom ia tidak punya modal dan peralatan. Sehingga saat mengerjakan custom motor, ia pun harus menumpang di bengkel tralis milik temannya. Sebab bengkel temannya itu peralatannya lengkap.

Baca juga: Bengkel Tiga Saudara, Bengkel Spesialis RX King yang Tak Pernah Sepi Pelanggan

Alhamdulillah teman saya mau memberi tumpangan tempat dan meminjami peralatan. Saya numpang di tempat teman selama dua tahun, setelah punya banyak pelanggan, saya buka bengkel custom motor di rumah sendiri dan beli peralatan lengkap,” ungkapnya.

Dia menuturkan, Bengkel Topex ChoPper Modification menerima jasa custom motor. Di antaranya, model chopper, japstyle, scrambler, cafe racer, dan lain sebagainya. Menurutnya, dengan kualitas yang ia tawarkan, Bengkel Topex Chopper punya banyak pelanggan. Tidak hanya orang Kudus saja tapi seantero Nusantara.

“Pelanggan kami sudah seluruh Indonesia. Kami membuat motor custom dengan seni, mengutamakan kenyamanan dan durability atau ketahanannya lama. Sehingga motor custom aman dipakai untuk harian dan tidak hanya untuk pajangan,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER