31 C
Kudus
Kamis, April 18, 2024

Cerita Relief Candi Borobudur Segera Jadi Pertunjukan Tari Menarik

BETANEWS.ID, MAGELANG – Relief-relief yang terukir di dinding Candi Borobudur sebentar lagi akan menjadi suguhan sendratari menarik. Balai Konservasi Candi Borobudur telah menggandeng sanggar-sanggar tari di Magelang untuk mewujudkan hal itu.

Seksi Dokumentasi dan Publikasi Balai Konservasi Borobudur, Isni Wahyuningsih menjelaskan, beberapa cerita dalam relief telah dipelajari dan dibuat koreografinya. Terdapat lebih dari 1.200 relief di Candi Borobudur yang memiliki cerita menarik.

Ganjar saat melihat latihan penari di salah satu sanggar tari di Magelang. Foto: Ist.

“Kami telah mengkaji potensi relief itu, dan mengintepretasikan cerita-cerita dalam relief itu dalam bentuk tarian. Ada banyak cerita, misalnya Karmawibhangga, Lalitawistara, Jataka Awadana, Gandawyuha, dan lain sebagainya,” katanya Kamis (8/4/2021).

Baca juga: Dewa Budjana-Trie Utami Cs Sukses ‘Hidupkan’ Kembali Alat Musik di Relief Borobudur

Dari cerita-cerita di relief itu, lanjut Isni, pihaknya telah membuat koreografi-koreografi untuk diejawantahkan dalam bentuk tari.

“Hal ini penting, karena pemaknaan dan nilai-nilai di relief itu diberikan pada generasi penerus untuk pembelajaran. Jadi tidak hanya fisiknya yang kami lestarikan, tapi juga nilainya,” jelasnya.

Sebenarnya, lanjut dia, potensi seni tari dari relief candi Borobudur sangat banyak. Namun, untuk saat ini, baru enam tarian yang sedang dikembangkan.

“Karena pandemi ini, workshopnya dibatasi. Kami baru mengembangkan enam tarian dan menggandeng enam sanggar. Tarian kami ambil dari cerita Jataka Awanda, salah satunya kisah Manohara,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo begitu bungah dengan upaya menggerakkan cerita-cerita relief Candi Borobudur dalam kehidupan nyata. Setelah sebelumnya ia bersama Trie Utami, Dewa Budjana, dan Purwatjaraka bersama-sama mewujudkan seni musik yang tertera dalam relief Borobudur, kini ada seni tari yang terinspirasi dari cerita di sana.

Baca juga: Malam-Malam Temui Tanto Mendut, Ganjar Ingin Libatkan Seniman untuk Tata Ulang Borobudur

“Jadi ini nanti pasti akan menjadi pertunjukan yang sangat menarik. Setelah tadi saya bahas seni musik, sekarang ada seni tari. Ini luar biasa,” jelasnya.

Ganjar memang mendorong pembangunan kawasan Borobudur tak hanya fokus pada bangunan fisik. Namun kesenian, budaya, arsitektur, lingkungan, dan lainnya harus juga dikembangkan bersama.

“Sehingga wisatawan yang datang tidak akan bosan. Dia akan benar-benar mendapatkan soul dari Borobudur,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER