31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaKUDUSWarga Kudus Bisa...

Warga Kudus Bisa Hubungi Nomor Berikut saat Alami Kondisi Darurat Karena Bencana Alam

BETANEWS.ID, KUDUS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus mengimbau masyarakat tetap waspada dengan cuaca yang terjadi belakangan. Jika menghadapi kondisi darurat, BPBD menyediakan nomor telefon khusus yang bisa dihubungi warga yang ingin meminta bantuan.

“Masyarakat bisa melapor ke pemerintah setempat dan BPBD Kabupaten Kudus melalui Unit Garuda di nomor 112,” ujar Wiyoto (51), Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kudus.

Baca juga : Debit Air Sungai Naik, BPBD Kudus Siaga

- Ads Banner -

Intensitas hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir terjadi di wilayah Kabupaten Kudus. Hujan hingga angin kencang membuat petugas bencana terus bersiaga dengan melakukan pemantauan menggunakan radio komunikasi, aplikasi WhatsApp dan Call center.

Selain itu, Unit Garuda yang berada di salah satu ruangan gedung Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pudalops) BPBD Kudus, memiliki Handy Talkie (HT) dan alat lainnya yang memudahkan untuk berkomunikasi dengan tempat bencana yang terkadang susah sinyal.

Menurut Sukaryono (50) yang bertanggungjawab mengoperasikan alat-alat tersebut mengungkapkan, bahwa di setiap daerah Kudus, para satgas yang disiapkan di sana sudah dibekali dengan HT. “Kalau ada kedaruratan di lingkungan, seperti sinyal, alat ini yang membantu. Ini masing-masing relawan bisa mengoperasikan HT, ” katanya.

Baca juga : Volume Air Lebihi Batas Normal, Pintu Bendungan Wilalung Dibuka

Unit Garuda 112 Kudus, kata Sukaryono, bahwa dalam penggunaan alat-alat komunikasi ini, pihaknya sudah teraorganisasi secara nasional. Yakni masuk dalam Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari) dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI). “Dengan itu, kami punya izin menggunakan alat ini, terpadu dan terpandu, ” imbuhnya.

Seperti diketahui, beberapa kali bencana longsor dan pohon tumbang terjadi di wilayah Kudus akhir tahun lalu dan awal tahun ini. Sejumlah bangunan rusak tertimpa pohon dan banjir melanda sebagian wilayah di Kabupaten Kudus.‎

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler