31 C
Kudus
Minggu, Maret 7, 2021
Beranda Wisata Terpukau Cantiknya Air...

Terpukau Cantiknya Air Terjun Songgo Langit, Destinasi Favorit untuk Liburan di Jepara

BETANEWS.ID, JEPARA – Deretan pepohonan menemani di sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Songgo Langit, Senin (04/01/2021) itu. Jalanan yang terhitung mulus dengan udara yang segar, membuat perjalanan berliku menuju Air Terjun Songgo Langit terasa tak melelahkan. Destinasi wisata yang berada di Dukuh Nglencer, Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara itu memang jadi primadona banyak orang untuk berlibur.

Rasa lelah dan keringat pun terbayar saat tiba di Air Terjun Songgo Langit. Tiba di tempat itu, gemercik air seakan menyapa selamat datang. Di sepanjang area wisata, banyak muda-mudi dan keluarga yang sedang menikmati pemandangan di beberapa gazebo. Sedangkan beberapa yang lain terlihat asyik bermain air di sepanjang aliran air terjun yang cukup deras itu.

Beberapa pengunjung sedang bermain air di area Air Terjun Songgo Langit. Foto: Muhammad Abdul Mun’im

Objek wisata yang buka mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB itu memang bisa menjadi pilihan menarik bila berlibur di Jepara. Untuk masuk ke Air Terjun Songgo Langit, pengunjung cukup membayar tiket Rp 5.000 dan parkir Rp 2.000.

- Ads Banner -

Baca juga: Segarnya Mandi Air di Wisata Kali Bening Jepara yang Selalu Ramai Pengunjung

Pengelola Air Terjun Songgo Langit, Sunardi (50) mengatakan, tempat wisata yang dibuka sekitar 2003 ini dahulu mempunyai nama Air Terjun Jurang Nganten. Hal ini dikarenakan dahulu ada aturan bahwa pemuda Desa Sumanding tidak boleh nikah dengan Desa Tunahan. Namun, aturan ini dilanggar sehingga pasangan pengantin ini hanyut di air terjun tersebut.

“Lama-kelamaan air terjun ini berganti nama menjadi Air Terjun Sonngo lagit karena dilihat dari bawah maka air terjun tersebut tampak seakan akan menyangga horizon langit,” jelasnya.

Air terjun ini mempunyai ketinggian 80 meter dengan lebar 2 meter dan punya palung sedalam 8 meter. Keberadaan palung inilah yang membuat pengelola melarang pengunjung untuk bermain air di bawah air terjun, lantaran sudah banyak wisatawan yang tenggelam. Namun tak perlu khawatir, pengunjung masih bisa menikmati air terjun ini di aliran sungainya.

Bagi wisatawan yang suka foto, tak perlu khawatir karena di sini banyak spot foto ciamik yang disediakan oleh pengelola. Selain spot foto, di sini juga disediakan beberapa fasilitas seperti tempat untuk bersantai, musala, dan warung.

Baca juga: Menikmati Senja di Pantai Pailus, Pesona Keindahan Pesisir Jepara yang Manjakan Mata

Salah satu pengunjung Aji Sasono menyampaikan, tempat wisata Air Terjun Songgo Langit ini pemandangannya bagus, udaranya segar dan masih asri alamnya. Sehingga cocok untuk bersantai dan melepas lelah.

“Di sini pemandangannya bagus, udaranya segar dan masih asri alamnya, cocok untuk bersantai.” tandasnya.

Penulis: Muhammad Abdul Mun’im (Mahasiswa Magang IAIN Kudus)

Editor: Ahmad Muhlisin

- Advertisement -
Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

Tinggalkan Balasan

28,620FansSuka
14,316PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
29,350PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler