31 C
Kudus
Senin, Maret 1, 2021
Beranda Bisnis Lewat Toko Rohis,...

Lewat Toko Rohis, Zubaedi Berdayakan Pengrajin Anyaman Bambu di Sekitarnya

BETANEWS.ID, KUDUS – Zubaidi (47) terlihat sedang tekun menganyam bambu di sebuah toko perabotan rumah  tangga, Desa Jepang RT 4 RW 1, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Belum sepenuhnya jadi, ia tiba-tiba beranjak untuk menemui seorang wanita yang masuk Toko Rohis, miliknya itu. Setelah berbincang sebentar, ia kemudian berjalan pelan menuju area barang yang dicari wanita tersebut. Wanita itu kemudian membayar dan membawa barang yang ia beli untuk meninggalkan toko.

Selepas kepergian pembeli, Zubaidi kemudian memulai lagi pekerjaannya yang terjeda itu. Sambil menganyam itulah, ia mau berbagi kisah kepada betanews.id, soal usahanya itu. Menurutnya, keberadaan bambu yang mudah dijumpai di desanya memberi inspirasi pada keluarganya untuk menjual aneka perabotan rumah tangga dari bambu.

Berbagai ukuran kerai yang dijual di Toko Rohis. Foto: Nila Rustiyani.

“Saya sebenarnya meneruskan usaha jual kerajianan bambu yang sudah diwariskan orang tua. Melihat prospek yang menjanjikan, saya kemudian mendirikan toko yang menjual berbagai kerajinan bambu dengan nama Toko Rohis,” bebernya, Senin (4/1/2021).

- Ads Banner -

Baca juga: Perabotan Rumah Tangga dari Anyaman Bambu di Toko Rohis Ini Punya Banyak Peminat

Dalam perjalananya, ia juga  mengajak para tetangganya yang mahir dalam membuat kerajinan bambu untuk ikutr mengisi tokonya. Makanya, sampai saati ini, ia tidak kesusahan dalam memasok perabotan rumah tangga di tempatnya.

“Semua barang yang dijual di sini hasil tangan dari warga. Sekalian bisa menambah pemasukan bagi warga sekitar,” Zubaedi menjelaskan.

Ada beberapa barang yang Zubaedi ambil dari warga sekitar. Diantaranya wadah nasi, tampah, tambir, ayunan bayi, dan lainnya. Ada juga kursi, meja, dan plafon rumah.

Tak hanya mengandalkan warga sekitar, ia juga memproduksi barang-barang yang dijualnya. Produk itu berupa irek, kandang ayam, dan tirai bambu. Bahkan tirai bambu yang ia jual pernah dipesan oleh pembeli dari Malaysia dan Jepang.

“Pernah juga ada orang Belgia yang datang ke Kudus, mampir ke sini melihat-lihat anyaman bambu di sini,” cerita Zubaedi.

Baca juga: Tekuni Bisnis Kerai Bambu, Ngusman Tak Mau Bebani Anak Setelah Pensiun

Bagi pembeli, ungkap Zubaedi, diberikan keiistimewan bisa memesan barang yang terbuat dari bambu sesuai dengan keinginan. Yang terpenting baginya, para pembeli sudah memiliki gambar barang yang diinginkan.

“Kami juga menerima pesanan kerajinan bambu sesuai keinginan. Yang penting ada gambarnya, kami akan usahakan untuk membuatnya,” pungkas Zubaedi.

Kesuksesan yang diraih Zubaedi tidak terlepas dari kualitas bahan dan harga yang ditawarkan di Toko Rohis miliknya. Seperti yang disampaikan Debi, pembeli yang datang dari Pati, bahwa barang di Toko Rohis kualitasnya baik dengan harga terjangkau.

“Di sini itu bahannya bagus dan harganya juga lebih murah dari yang lain,” ungkap Debi selepas berbelanja.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

28,620FansSuka
14,316PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
29,350PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler