31 C
Kudus
Minggu, Maret 7, 2021
Beranda Kudus Disdukcapil Kudus jadi...

Disdukcapil Kudus jadi Perangkat Daerah dengan Kinerja Terbaik Tahun 2020

BETANEWS.ID, KUDUS – Pendapa Kabupaten Kudus pada Kamis (21/1/2021) pagi terlihat puluhan orang sedang duduk berjarak dengan mengenakan masker. Mereka tak lain adalah perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kehadiran mereka pagi itu adalah untuk mengikuti kegiatan Penyerahan Penghargaan Perangkat Daerah Berkinerja Terbaik Tahun 2020 dan Penandatanganan Perjanjian Kinerja dan Pakta Integritas Serta Penyerahan DPA Tahun 2021.

Penandatanganan Perjanjian Kinerja dan Pakta Integritas. Foto: Nila Rustiyani

Baca juga : Tingkatkan Pelayanan, Dukcapil Tarik Server dari Provinsi ke Kudus

- Ads Banner -

Pada kesempatan itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) berhasil mendapatkan rapor kinerja terbaik 1 dengan skor 63,19. Kemudian disusul RSUD dr Loekmono Hadi yang menjadi peringkat kedua dengan skor 62,63. Sedangkan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) enduduki peringkat ketiga dengan skor 60,62. Untuk peringkat keempat dan kelima diisi oleh Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) dengan skor 59,25 dan Inspektorat dengan skor 59,01.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo yang saat itu hadir mendapat kesempatan untuk memberikan hadiah dan penghargaan bagi para pemenang. Untuk terbaik pertama hingga ketiga, piagam penghargaan dan sebuah laptop diberikan Hartopo. Sedangkan untuk terbaik keempat dan kelima, hanya piagam penghargaan yang bisa dibawa pulang para OPD.

Hartopo menjelaskan, ada banyak kriteria yang digunakan saat menentukan para pemenang. “Kriteria penilaian ada banyak sekali. Ada soal kedisiplinan dan loyalitas, ” ungkap Hartopo.

Empat hal, lanjut Hartopo, yang baginya adalah hal yang terpenting saat melakukan penilaian kinerja para perangkat daerah. Yakni jujur, disiplin, loyalitas, dan kinerja. “Empat hal itu yang paling penting. Kita kan sebagai pelayan masyarakat, tentunya bagaimana kita bisa melayani masyarakat dengan baik sesuai tupoksi dan kompetisinya masing-masing,” jelas Hartopo kepada awak media.

Baca juga : Bikin KK Online, Ini Tips dari Kepala Dukcapil Kudus Agar Prosesnya Cepat

Selaian para pemenang, disebutkan juga tiga perangkat daerah yang memiliki penilaian terendah. Yaitu Sekretariat DPRD yang memiliki skor 53,63, disusul Dinas Perhubungan dengan skor 53,44, dan posisi paling buncit ada Dinas Kesehatan dengan skor 51,32. Dengan semua penilaian ini, Hartopo berharap bisa membuat para perangkat daerah bekerja dengan lebih baik lagi di tahun-tahun ke depan, khususnya untuk tahun 2021 ini.

“Semoga semuanya mampu meningkatkan kedisiplinan dan tidak terlalu banyak monoton, harus selalu berinovasi bagaimana bisa selalu aktif. Jangan sampai ketinggalan, ” harap Hartopo.

Editor : Kholistiono

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

28,620FansSuka
14,316PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
29,350PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler