31 C
Kudus
Minggu, Maret 7, 2021
Beranda Kudus Bikin KIA di...

Bikin KIA di Disdukcapil Kudus Kini Lebih Mudah dan Cepat

BETANEWS.ID, KUDUS – Pembuatan Kartu Idenditas Anak (KIA) kini semakin mudah dan cepat. Jika biasanya untuk proses pendaftaran dilakukan secara langsung di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), kini, karena masa pandemi, pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Jenang Dukcapil yang bisa didownload di Play Store atau di website https://jenangdukcapil.kuduskab.go.id.

Sekretaris Disdukcapil Kudus Putut Winarno mengatakan, jika untuk proses pengajuan hingga cetak, pihaknya memiliki standar pelayanan 1X24 jam. Kemudian, jika sudah jadi akan ada pemberitahuan melalui WatsApp. Setelah itu KIA akan diantar langsung ke balai desa.

Putut Winarno, Sekretaris Disdukcapil Kudus. Foto: Kartika Wulandari

Baca juga : Disdukcapil Kudus jadi Perangkat Daerah dengan Kinerja Terbaik Tahun 2020

- Ads Banner -

“Untuk pengantaran ini 1-2 hari, karena petugas deliveri kita ini kan tugasnya banyak dan pada masa pandemi ini meminimalkan layanan tatap muka, sehingga dilakukan secara online,” ujarnya, Jumat (22/1/2021).

Jadi, menurutnya pembuatan KIA tersebut cukup mudah dan tanpa dipungut biaya. Bahkan, dirinya menegaskan, jika ada oknum yang meminta biaya untuk bisa melaporkan ke Disdukcapil atau langsung ke dirinya.

Sedangkan untuk persyaratan pembuatan KIA, yakni untuk usia anak di bawah lima tahun cukup melampirkan foto kopi akta kelahiran, foto kopi Kartu Keluarga, foto kopi e-KTP orang tua. Sedangkan usia anak di atas lima tahun ditambah dengan foto 4×6 dengan background berwarna bebas dan polos, sebanyak 2 lembar.

Lanjutnya, untuk usia anak di Kabupaten Kudus sebanyak 226.127 orang. Dari jumlah itu, yang sudah memiliki KIA sebanyak 95.246. Sedangkan yang belum memiliki KIA masih ada 130.881 anak.

Baca juga : Bikin KK Online, Ini Tips dari Kepala Dukcapil Kudus Agar Prosesnya Cepat

Winarno juga menambahkan, untuk anak warga negara asing juga bisa mendaftar KIA, dengan syarat yang hampir sama, hanya saja menambahkan paspor dan surat izin tetap.

Ia katakan, jika KIA merupakan suatu kartu identitas yang mempunyai banyak manfaat untuk anak yang berusia dibawah 17 tahun. Di antaranya, sebagai bukti identitas diri untuk antisipasi ketika anak mengalami peristiwa buruk di luar rumah. Lalu ibarat sebagai KTP, KIA bisa menjadi jaminan untuk anak, agar bisa menikmati sarana umum, pelayanan publik, pelayanan pendidikan dan perbankan.

Editor : Kholistiono

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

28,620FansSuka
14,316PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
29,350PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler