31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Awalnya Diremehkan, Gitar dan Aksesoris Jualan Maman Kini Diincar Pembeli dari Seluruh Indonesia

BETANEWS.ID KUDUS – Suara petikan gitar seorang pria di sebuah toko alat musik itu terdengar sumbang. Bunyi itu seperti membuatnya tidak nyaman dan lantas membetulkannya dengan memutar tempat dawai di ujung leher alat musik petik itu. Ia tampak harus merubah setingan beberapa kali hingga akhirnya nada yang dikeluarkan sudah sempurna. Pria tersebut adalah Maman Wijaya, Pemilik Kudus Musik yang berada di Desa Hadipolo RT 7 RW 1, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus.

Ditemui di sela-sela menyetem gitar, Maman bersedia bercerita soal toko musik yang dirintis sejak 2016 lalu itu. Anak kedua dari tiga bersaudara itu mengungkapkan, sejak awal dia bukanlah orang menggemari dunia musik. Namun, saat lulus SMA, dirinya memilih untuk bekerja dan dipertemukanlah ia dengan pekerjaan yang membuatnya merasa cocok, yaitu bekerja di sebuah toko gitar. Mulai saat itulah, muncul rasa suka dengan gitar.

Berbagai jenis gitar yang dijual di toko Kudus Musik, milik Maman. Foto: Nila Rustiyani.

“Melihat peluang bisnis dari gitar, akhirnya saya pun mencoba berjualan gitar lewat media sosial,” ungkapnya, Senin (21/12/2020).

Baca juga: Wisma Musik Harapan, Toko Alat Musik Legendaris di Kudus

Saat mulai berjualan, kata Maman, bukanlah hal yang gampang untuk dilakukan. Sebab, banyak orang yang meragukan bisnisnya bisa sukses di gang kecil. Namun, ia tidak patah arah, dia masih sering memamerkan alat-alat musik yang ia jual lewat Instagram dan media sosial lainnya.

“Sejak awal memang saya jual dan promosi lewat via online, seperti media sosial Instagram dan lainnya. Nah, toko ini ada biar yang ingin datang langsung, bisa datang ke sini,” katanya.

Menjual gitar mulai dari harga Rp 100 ribu hingga Rp 4 juta menjadi salah satu daya tarik dari Kudus Musik. Toko tersebut kini terbilang sukses dengan banyaknya pembeli dari seluruh wilayah Indonesia.

“Biasanya banyak yang pesan dari luar Kudus. Paling banyak memang dari pulau Jawa. Tapi pernah juga ada pesanan aksesoris dari Sumatera. Kalau dibilang sudah kirim kemana saja, dari Sabang sampai Merauke. Soalnya sudah banyak, ngga terhitung,” ceritanya.

Baca juga: Lama Tak Terdengar, Nasida Ria Keluarkan Album Baru Tandai 45 Tahun Berkarya, Lho

Untuk barang yang paling sering dipesan, Maman melanjutkan, aksesoris gitar adalah barang yang jadi incaran para pembeli dari luar pulau. Mulai dari case atau tas gitar, tuner, pick gitar, strap gitar, dan sebagainya. Harga jualnya pun berbeda-beda.

Jika membahas terkait omzet dari penjualan gitarnya, Maman tidak bisa menjawab secara pasti. Namun, ia memastikan jika hasil dari jualannya bisa mencukupi semua kebutuhannya.

“Yang jelas setiap hari selalu ada yang terjual, dan cukup untuk kebutuhan sehari-hari,” pungkas Maman.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER