31 C
Kudus
Selasa, Januari 26, 2021
Beranda Business Panjang Service, Jasa...

Panjang Service, Jasa Reparasi Peralatan Pendingin Jujugan Warga Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS –  Di tepi Jalan Lingkar Utara No 249, sebelah barat perempatan Desa Panjang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, terlihat toko bernama Panjang Service. Di dalam tempat tersebut, dua orang terlihat sedang memperbaiki kulkas dan mesin cuci. Selang beberapa waktu, seorang pria memakai kaus terlihat turun dari mobil pikap dengan menenteng barang servisan. Ia adalah Muhammad Qomari Fauzan (40), pemilik Panjang Service.

Di sela-sela aktivitasnya, pria yang akrab disapa Fauzan itu bersedia berbagi cerita tentang usaha yang dirintis sejak 1998 itu. Dia mengatakan, usaha miliknya itu merupakan warisan dari bapaknya. Dirinya meneruskan usaha tersebut sejak 2010. Sebelumnya, dirinya bekerja sebagai teknisi pendingin di sebuah perusahaan di Kudus.

Seorang pelanggan yang akan menyervis elektronik rumah tangganya di Panjang Service. Foto: Kaerul Umam.

“Menjadi seorang teknisi di salah satu perusahaan itu selama 3 tahun. Waktu itu, bapaknya sudah tidak bisa melanjutkan usaha ini. Jadi saya yang harus melanjutkannya,” beber Fauzan kepada betanews.id, Selasa (17/11/2020).

Baca juga: Enggan Jadi Karyawan Lagi, Tiko Buka Servis Printer yang Kini Jadi Langganan Instansi

Fauzan mengungkapkan, toko miliknya itu menerima jasa servis yang berhubungan dengan pendingin. Di antaranya meliputi AC, kulkas, kipas angin, dan mesin cuci. Terkadang, kebanyakan kelemahan pada barang elektronik saat ini adalah sparepart yang sudah tidak layak pakai dan harus diganti.

“Untuk harga jasa servis AC Mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu. Servis kulkas Rp 80 ribu. Servis kipas angin Rp 70 ribu. Dan untuk harga servis mesin cuci mulai dari Rp 60 ribu hingga Rp 65 ribu. Sedangkan untuk harga sparepart di toko milik Fauzan berbeda-beda, tergantung jenisnya,” rincinya di toko yang buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB itu.

Menurutnya, pelanggan di toko tersebut kebanyakan dari daerah Kudus Utara dari Kecamatan Gebog, Bae, dan Dawe. Selain itu, ada juga yang dari Kabupaten Jepara dan Demak.

“Oh iya, pelayanan jasa servis di sini ada garansinya yaitu selama sebulan untuk semua layanan,” jelas warga Desa Panjang RT 2 RW 2, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus itu.

Baca juga: Cahaya Teknik Beri Layanan Servis Lampu Cepat dan Ada Garansi Hingga Tiga Bulan

Dalam setiap usaha, lanjut Fauzan, pastinya ada kendala dan masalah. Apalagi saat seperti kondisi sekarang ini dengan adanya Covid-19 yang sangat berdampak dan penghasilan menurun drastis.

“Saya berharap semoga kondisi yang seperti ini bisa normal kembali. Misalkan kalau sudah mempunyai modal, ya, semoga bisa membuka cabang di daerah yang berbatasan langsung dengan Pati. Dengan tempat di sana, saya pikir banyak pelanggannya,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
27,373PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler