31 C
Kudus
Rabu, Mei 19, 2021
Beranda Fashion Melalui Dialek Khas...

Melalui Dialek Khas Pati, Kaus Ampun Ngligo Tunjukkan Keunikan Kearifan Lokal

BETANEWS.ID, KUDUS – Sore itu di sebuah toko yang terletak di Jalan Kolonel Sunandar nomor 55 Pati, Desa Winong, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, terlihat beberapa orang sedang memilah-milah baju di sebuah outlet. Terlihat juga seseorang yang sedang menjaga toko tengah menjelaskan kepada para pengunjung. Wanita tersebut adalah Siti Nurzehan (41) kakak dari pemilik brand Ampun Ngligo sekaligus pengelola toko.

Ia menjelaskan, usaha yang berdiri sembilan tahun lalu itu mengusung konsep kaus dengan tulisan kata-kata sehari-hari orang Pati. Tak ayal jika brand satu ini bisa dikatakan sebagai produk khas Pati. Selain itu, kaus ini juga bisa dijadikan oleh-oleh warga luar daerah saat berkunjung ke daerah yang dipimpin Bupati Haryanto itu.

Seorang pengunjung sedang memilih kaus yang hendak dibeli di Toko Ampun Ngligo. Foto: Khalim Mahfur.

“Kaus yang kami produksi ini mengangkat dialeg khas Pati contohnya seperti ‘pie leh’, ‘ga ge go’, dan sejenisnya,” ujarnya kepada Betanews.id, Rabu 21/10/2020).

- ads banner

Baca juga: Kipasoak, Bisnis Kaus Bahasa Khas Daerah yang Menjanjikan

Siti menambahkan, proses pembuatan kaus Ampun Ngligo dilakukan sendiri oleh sang pemilik, mulai dari desain, pembuatan kaos, penyablonan, hingga finishing. Harganya pun cukup terjangkau yakni mulai Rp 75 ribu hingga Rp 90 ribu.

Selain menjual kaus, Ampun Ngligo juga memproduksi sendal, gantungan kunci, dan beberapa produk lain yang juga didesain menggunakan kata-kata khas Pati.

Menurutnya, pembeli kaus Ampun Ngligo ini juga cukup beragam, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Bahkan, untuk masyarakat dari luar Pati juga cukup antusias untuk membeli produknya sebagai oleh-oleh.

“Selain bisa dibeli di tokonya langsung, kaus Ampun Ngligo juga bisa didapatkan di Shopee, Bukalapak, dan melalui akun Instagram, dan Facebook. Selain itu juga ada di Pasar Pragolo,” beber Siti di toko yang buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB itu.

Baca juga: Wong Djowo, Kaus Oleh-Oleh Khas Kudus untuk Lestarikan Bahasa Jawa

Salah satu pengunjung, Supriyo (26) mengaku sudah beberapa kali membeli kaos Ampun Ngligo. Menurutnya, bahan yang digunakankan cukup bagus, dari segi harga juga cukup terjangkau.

“Di sini bahan yang digunakan cukup bagus dan harganya juga terjangkau. Kata-katanya juga menarik jadi terkesan unik,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

29,270FansSuka
14,686PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
39,141PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler