31 C
Kudus
Sabtu, Januari 16, 2021
Beranda Business Aquascape, Pesona Keindahan...

Aquascape, Pesona Keindahan Alam Dalam Akuarium yang Digemari Banyak Kalangan

BETANEWS. PATI – Di tepi Jalan Raya Pati-Tayu, Kelurahan Mulyoharjo, Kecamatan Pati, tampak sebuah toko perlengkapan aquascape yang cukup ramai, Rabu (11/11/2020). Mereka terlihat sedang memilih bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat akuarium yang sedang digemari itu. Di meja kasir, seorang penjaga toko tampak menjelaskan kepada pengunjung yang tanya. Dia adalah Fendi Pratama (26) pengelola Berkah Shop Aquatik.

Setelah melayani pembeli, Fendi lantas menjelaskan bisnis aquascape yang baru dirintis pada 1 Oktober 2020 lalu. Ia menjelaskan, aquascape ialah seni cocok tanam yang dilakukan di dalam air, atau lebih tepatnya dalam akuarium. Berbeda dengan akuarium yang menonjolkan ikan, aquascape lebih mengedepankan tanaman berdesain semirip mungkin dengan aslinya.

Beberapa pelanggan Berkah Shop Aquatik sedang memilih ornamen aquascape. Foto: Khalim Mahfur.

“Interior yang digunakan di dalam aquascape juga dibuat mirip dengan alam, seperti batu-batuan, kayu, dan akar,” katanya kepada Betanews.id, Rabu (11/11/2020).

Baca juga: Akuarium Akar yang Unik dan Klasik Ini Bikin Erna Kebanjiran Order

Fendi tertarik pada dunia aquascape sebenarnya sudah sejak 2014 saat dikenalkan temannya. Namun karena belum ada komunitasnya di Pati, ia kesulitan untuk mempelajarinya. Baru setelah ada komunitas aquascape yang berada di Juwana Land, ia akhirnya bisa belajar banyak dan sekarang bisa membuka toko perlengkapannya.

“Awalnya memang hobi memelihara ikan dari dulunya, terus lihat teman yang punya aquascape. Setelah ditekuni, awalnya saya membuka jasa seting aquascape dan akhirnya bisa buka toko bersama teman,” beber Fendi.

Berkah Shop Aquatik menyediakan berbagai macam perlengkapan aquascape mulai dari yang dasar hingga interior. Harganya pun bervariasi tergantung bahan yang akan digunakan pembeli. Tak hanya itu, dirinya juga masih menyediakan jasa seting, jasa rawat, dan jasa pembersihan yang harganya disesuaikan dengan pekerjaannya.

Baca juga: Cerai dan Punya Utang Ratusan Juta, Tina Bangkit Buka Toko Ikan Hias dan Akuarium

Untuk tanaman yang bisa disediakan adalah jenis low CO², low light, medium light, high light, dan lain lain. Untuk yang low light dan low CO² yaitu Anubias dan buce phalandra. Sedangkan yang medium light ada Ecinodorus, tiger lotus, dan amazon sword. Sedangkan jenis tanaman high light iyu monte carlo, hair grass, stemp plan (rotala orange juice) aromatica, rotala sp, rotala Vietnam, rotala Bangladesh, dan lain-lain.

“Kemudian untuk interiornya ada batu lava rock, batu pasir, kreket, turli, dan lainnya. Akar yang biasanya digunakan beberapa di antaranya adalah rasamala, santigi, senggani cemara laut, dan lain-lain,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
26,722PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler