31 C
Kudus
Selasa, Desember 1, 2020
Beranda Kudus Samsat Kudus Berikan...

Samsat Kudus Berikan Layanan Jemput Bola ke Kantor dan Pabrik

BETANEWS.ID, KUDUS – Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Kudus memberikan layanan jemput bola kepada para wajib pajak kendaraan bermotor. Layanan Samsat Keliling tersebut difokuskan kepada karyawan yang bekerja di kantor atau pabrik.

Staf Bidang Pajak Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Samsat Kabupaten Kudus Muhammad Zaki menuturkan, layanan tersebut sengaja diberikan agar mempermudah para wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor (PKB). Menurutnya, karyawan tidak perlu datang ke Samsat dan dapat melakukan pembayaran di tempat kerjanya.

Staf Bidang Pajak Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Samsat Kabupaten Kudus Muhammad Zaki. Foto: Imam Arwindra

Baca juga : Perpanjang SIM Wajib Tes Psikologi, Kuncoro Berharap Satlantas Kudus Aktif Sosialisasi

“Jadi, karyawan tidak perlu datang ke Samsat. Nanti kami yang akan datang melayani,” tuturnya saat ditemui di Samsat Kudus, Sabtu (3/10/2020).

Zaki menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan tiga mobil untuk melakukan layanan keliling ke lokasi pabrik. Yakni satu mobil Daihatsu Gran Max dan dua Toyota Kijang Innova. Menurutnya, bus yang selama ini digunakan untuk melakukan layanan keliling sudah tidak digunakan lagi.

“Kalau bus itu digunakan dari tahun 2009 hingga 2017. Ini sudah tidak layak pakai lagi. Jadi kami pakai mobil biar lebih cepat,” jelasnya.

Selanjutnya, layanan yang diberikan yakni hanya perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau pembayaran PKB satu tahun. Untuk pajak lima tahun atau ganti nomor kendaraan masih harus dilakukan di Samsat.

“Jadi ini nanti hanya untuk PKB tahunan saja. Untuk lima tahunan atau ganti plat nomor kendaraan masih harus dilakukan di Samsat,” jelasnya.

Zaki memberitahukan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan para manajemen perusahaan untuk menyelenggarakan pelayanan. Menurutnya, jadwalnya pun sudah dibuat dan tentu pihak perusahaan akan memberikan informasi kepada pegawainya.

“Contohnya tanggal 5 Oktober besok di Pura Terban. 6 Oktober di Djarum Pusat dan Garung. 7 Oktober di Djarum Oasis dan Sidorekso. Jadi jadwal untuk bulan Oktober 2020 sudah terjadwal semua,” tuturnya.

Menurut Zaki, waktu yang diberikan untuk perpanjang STNK yakni hanya sekitar empat jam saja. Di mulai pukul 8.00 hingga 12.00 WIB.

Baca juga : Aplikasi Simponi, Cara Mudah Adukan Pelayanan Publik di Kudus

“Bisanya kita ada apel pagi dulu. Namun karena ini masih pandemi, kita tidak ada apel. Berarti jam 8.30 WIB langsung berangkat ke lokasi,” jelasnya.

Selanjutnya, layanan Samsat keliling juga masih melayani masyarakat di setiap kecamatan. Menurutnya, hari Senin mobil Samsat keliling akan berada di Kecamatan Jekulo. Hari Selasa di Kecamatan Gebog, Rabu di Kecamatan Undaan, Kamis di Kecamatan Dawe, Jumat di Kecamatan Kaliwungu, Sabtu di Kecamatan Jati.

“Untuk Minggu, sebenarnya di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, di kegiatan CFD. Namun karena masih pandemi akhirnya kita liburkan sementara,” tuturnya.

Editor : Kholistiono

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

Tinggalkan Balasan

27,184FansSuka
13,973PengikutMengikuti
4,306PengikutMengikuti
23,029PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Satgas Covid-19 Kembali Rilis Jateng Tertinggi Penambahan Kasus Aktif, Dinkes : ‘Satgas Keliru, Ada Dobel Data’

BETANEWS.ID, SEMARANG – Pada Minggu (29/11/2020), Satgas Covid-19 merilis penambahan kasus positif di Jawa Tengah. Dalam rilis itu, disebut Jawa Tengah menjadi...

Bosan Jadi Sales, Ririn Rintis Jual Sempolan dan Tahu Krispi yang Laris Manis

BETANEWS.ID, KUDUS - Seorang perempuan tampak sibuk di samping gerobak yang terbuat dari aluminium. Perempuan yang mengenakan celemek itu dengan cekatan menggoreng...

Warga Sedulur Sikep Olah Sampah Plastik jadi Paving Block Berkualitas

BETANEWS.ID, KUDUS - Asap hitam mengepul saat seorang pria membakar tumpukan plastik di halaman rumahnya yang berada di Dukuh Kaliyoso, RT 5...

Menikmati Sedapnya Soto Geprek, Menu Unik yang Hanya Ada di Geprek Uenakkene

BETANEWS.ID, KUDUS – Keramaian tampak jelas di sebuah warung Desa Mlati Norowito Gang 1 Nomor 24, Kecamatan/Kabupaten Kudus. Mereka terlihat sedang duduk...

Menikmati Indahnya Rawa Pening dari Bukit Cinta yang Terus Menggoda Wisatawan

BETANEWS.ID, KAB. SEMARANG – Air Rawa Pening tampak berkilauan diterpa sinar matahari sore yang mulai berwarna jingga. Di tengah hamparan eceng gondok...

Geluti Bisnis Ikan Cupang Sejak di SMK, Nurul Kini Punya Pelanggan Hingga Singapura

BETANEWS.ID, PATI - Di sebuah rumah masuk Desa Banyuurip RT 5 RW 1, Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati, terlihat banyak toples yang berisi...

Di Tangan Nurhayati, Labu Kuning Disulap Aneka Olahan Makanan Bernilai Ekonomi Tinggi

BETANEWS.ID, KUDUS - Aroma adonan kue mulai merayapi indera penciuman saat berada di depan sebuah rumah di Desa Bulungcangkring RT 3 RW...