31 C
Kudus
Jumat, November 27, 2020
Beranda Kisah Mengenal Tsaqiva, Remaja...

Mengenal Tsaqiva, Remaja Asal Kudus yang Sudah Ciptakan 80 Lagu Sejak Usia 9 Tahun

BETANEWS.ID, KUDUS – Tangan Tsaqiva Kinasih Gusti (17) terlihat begitu terampil memainkan gitar yang dipegangnya. Nada-nada yang dihasilkan dari petikan tangan mungilnya itu kemudian ia selingi dengan suaranya. Kadang suaranya lirih, kadang juga lantang mengikuti alunan musik yang dimainkannya.

Kecintaannya pada musik membuat gadis asal Desa Purworejo RT 02 RW 02, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus itu sudah punya puluhan karya. Termasuk lagu Mystery yang baru dirilisnya beberapa hari lalu.

Tsaqiva sedang membuat lagu di Studio Omah Dongeng Marwah. Foto: Ahmad Rosyidi.

Ditemui di kediamannya, Tsaqiva berbagi cerita kepada betanews.id tentang pengalamannya berkecimpung di dunia musik. Dia belajar musik sejak duduk di bangku sekolah kelas 2 SD. Sebelum mengenal alat musik, ia terlebih dahulu belajar vokal. Tak puas dengan itu, dirinya juga menambah dengan ikut les piano. Meski tidak lama, tetapi Tsaqiva merasa mendapat hal penting tentang pelajaran dasar bermasin musik.

“Mulai minat belajar musik saat kelas 2 SD, lebih ke bernyanyi sih. Pernah ikut les piano juga, tapi nggak lama, sekitar dua hingga tiga bulan. Karena masih anak-anak ya, jadi nggak betah ikut les saat itu. Meski sebentar tapi mendapat pelajaran penting tentang besik bermain musik,” katanya.

Baca juga: Omah Dongeng Marwah, Sekolah Alternatif yang Punya Banyak Lulusan Hebat

Hingga sekarang, Tsaqiva belajar musik secara otodidak. Dirinya mengaku, meski sudah menciptakan puluhan lagu, tetapi belum bisa membaca not balok. Sehingga kadang terbesit rasa sesal, kenapa dulu tidak melanjutkan les musiknya.

“Kadang juga ada rasa menyesal, kenapa dulu nggak aku lanjutin lesnya. Jadi sekarang saya belum bisa baca not balok,” ungkapnya sambil tersenyum.

Selama kurang lebih 10 tahun bermusik, Tsaqiva saat ini sudah menciptakan sekitar 80 lagu. Dari 80 lagunya, baru 10 lagu yang sudah masuk ke dapur rekaman.

Menurutnya, pengaruh dalam bermusik itu datang dari keluarga ibunya yang suka bermusik. Namun, bapaknya juga orang yang gemar belajar, sehingga dia masih teringat cara bapaknya bersenandung saat membangunkan tidur.

“Kalau bernyanyi memang ikut orang tua, terutama keluarga dari ibu. Tetapi bapak juga orang yang gemar belajar. Jadi dulu kalau bangunin aku sama kakak gitu sambil bersenandung lagunya sendiri,” terangnya sambil mencontohkan lagu yang biasa dinyanyikan bapaknya untuk membangunkan tidur.

Baca juga: Cover Lagu Menjamur di Youtube, AFE Production Ramai Job Aransemen Musik

Perempuan yang pernah menjadi sutradara film berjudul Mata Jiwa itu juga membeberkan, dirinya pernah membuat lagu di Tahun 2016 dan baru selesai pada Tahun 2019. Karena saat membuat lagu juga butuh waktu.

“Semua orang kalau mau belajar pasti bisa, kok. Aku banyak belajar dari bapak, yang semangat belajar dan pura-pura bisa. Rencana terdekat ingin mengembangkan skill menulis. Harapanku semoga bisa menginspirasi pemuda untuk terus berkarya dan semakin cinta bahasa Indonesia,” pungkas Tsaqiva.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

27,184FansSuka
13,973PengikutMengikuti
4,307PengikutMengikuti
23,029PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

UMK Eks Karesidenan Pati, Rembang Terendah Kudus Tertinggi

BETANEWS.ID, MAGELANG - Upah Minimum Kabupaten (UMK) di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2020. Kenaikannya bervariasi mulai dari...

Kue Kamir Khas Arab, Pertama di Kudus yang Kini jadi Primadona

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi Jalan KH Ahmad Dahlan sebelah barat Perempatan Sucen, Kelurahan Kerjasan, Kecamatan Kota, Kudus tampak terlihat kedai penjual...

Awalnya Hanya Hobi Ternak Ikan Guppy, Gankzoe’s Malah Mampu Ekspor

BETANEWS.ID, KUDUS - Di ruangan sebuah rumah yang berada di RT 8 RT 3 Gang Sendrong, Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten...

Nganggur 8 Bulan Akibat Pandemi, Ari Bangkit Jualan Tanaman Hias di Tepi Jalan

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi jalan sebelah lapangan sepak bola Desa Loram Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, tampak mobil pikap yang mengangkut...

Tolak Gaji Rp 25 Juta Per Bulan di Jepang, Safuan Pilih Rintis Usaha Produksi Pupuk Organik

BETANEWS.ID, KUDUS - Beberapa pria tampak sedang sibuk di sebuah pekarangan di Dukuh Bonajar RT 2 RW 6, Desa Puyoh, Kecamatan Dawe,...

Pemkab Kudus Tak Larang Gelar Pesta Pernikahan, tapi Jangan Ada Panggung Hiburan

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menegaskan tidak pernah melarang gelaran pesta pernikahan selama masa pandemi. Namun, pihaknya terus mengimbau pelaksanaannya...

IAIN Salatiga Ciptakan Aplikasi Belajar Daring yang Diklaim Ungguli Google Clasroom

BETANEWS.ID, SALATIGA – Seorang pria terlihat sedang sibuk mengoperasikan komputer di sebuah ruang Gedung Rektorat IAIN Salatiga, Senin (12/10/2020). Tangannya tampak cekatan...