31 C
Kudus
Kamis, Oktober 1, 2020
Beranda Jateng Susi ‘Ancam’ Tenggelamkan...

Susi ‘Ancam’ Tenggelamkan Ganjar jika Persoalan Pencemaran Lingkungan di Pringsurat Tak Selesai

BETANEWS.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung menerjunkan tim setelah menerima aduan warga lewat media sosial tentang pencemaran lingkungan. Terjadi di Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, warga dengan akun twitter @Afflarias menyampaikan sebuah pabrik tekstil kedapatan membuang limbah berwarna pekat ke sungai.

Mohon bantuannya untuk menindak lanjuti pencemaran lingkungan dari pabrik tekstil SMA yang berada di wilayah kec.Pringsurat kab. Temanggung Jawa Tengah. @ganjarpranowo @jokowi” Demikian isi twit tersebut.

Cuitan tersebut ditulis pada Jumat (11/9/2020) siang. Ratusan akun meretweet dan mengomentari cuitan yang juga menampilkan sebuah video. Berdurasi 44 detik video tersebut menggambarkan pembuangan limbah yang deras bahkan sampai menyerupai air terjun. Akun @nurlisaulfa menanggapi unggahan tersebut dengan mengatakan pembuangan limbah itu sangat berbahaya karena berada di sekitar daerah pertanian.

Baca juga : Ganjar Dicurhati Mbah Hartono Soal Kondisi Bengawan Solo yang Tercemar Limbah

Waaah iya shin, itu kec. Pringsurat.. kecamatan terluar nya Temanggung, berbatasan dgn kabupaten Semarang ~ semoga bisa segera ditindak yg buang limbah sembarangan. di sini daerah pertanian kan, sumber air tercemar yaa ambyarrr” cuitnya.

Pada Jumat malam, akun Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah turut mengomentari unggahan tersebut. “Siap, segera kami koordinasikan dengan pemkab setempat, terima kasih” katanya.

Sabtu (12/9/2020) siang, giliran Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanggapi aduan tersebut. Gubernur berambut putih itu mengatakan telah menerjunkan tim ke Pringsurat.

“Hari ini tim provinsi meluncur,” kata Ganjar.

Netizen pun langsung menyerbu tweet Ganjar tersebut. Termasuk mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Sambil bercanda, Susi bahkan akan menenggelamkan Ganjar jika tidak benar-benar menerjunkan tim ke pencemaran itu.

Tenan njih Pak Gubernur … saya tenggelamkan kalau ndak selesai polusinya” kata Susi sambil menyertakan tiga jari telunjuk menunjuk ke atas serta masing-masing dua emotikon tertawa dan menangkupkan tangan.

Tidak mau kalah, Ganjar pun lantas membalas dengan ungkapan kaum milenial. “Ciyaaaaap bu Mentri!!!!”

Ternyata apa yang dikatakan Ganjar dengan menerjunkan tim bukan sekadar isapan jempol. Akun @yourlovelybaeee menyampaikan tim DLHK Provinsi telah meninjau lokasi pembuangan limbah. “Sudah ditinjau dari DLH juga ini tadi pagiii, semoga cepet kelar urusannya biar lingkungannya ga tercemar.”

Baca juga : Ganjar Ancam Tutup Perusahaan yang Tetap Bandel Cemari Bengawan Solo

Perkara pembuangan limbah di sungai memang jadi salah konsen Ganjar Pranowo selama memimpin Jawa Tengah. Ganjar pun telah mengundang pengusaha terkait agar segera membeli alat pengolah limbah. Bahkan beberapa kali dia sidak ke perusahaan pencemar sungai, khususnya Bengawan Solo dan menelusuri alur pembuangannya.

“Sebelum sampai Desember, ini sudah saya tagih dan lihat progresnya. Tadi ketemu sama perusahaan alkohol, dia berjanji akan menghentikan produksi sebentar untuk perbaikan pengelolaan IPAL dan kita hormati,” terangnya saat sidak di Karanganyar beberapa waktu lalu.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

26,079FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,290PengikutMengikuti
19,146PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Nekat, Maling Bobol Rumah Orang Tua Kapolres Bintan di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS - Rumah orang tua Kepala Kepolisian (Kapolres) Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) AKBP Bambang Sugihartono disatroni pencuri, Minggu (27/9/2020) siang....

Warga Geruduk Balai Desa Panjang, Tuntut Peternakan Ayam Ditutup

BETANEWS.ID, KUDUS - Puluhan warga terlihat berbondong-bondong datang ke Balai Desa Panjang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Kedatangan mereka untuk melakukan audensi terkait...

Tak Patah Semangat Berkali-kali Bangkrut, Ardi Temukan Kesuksesan di Resto Ulam Sari

BETANEWS.ID, KUDUS - Beberapa mobil dan motor tampak terjajar di area parkir restoran di tepi utara Jalan Museum Kretek, Desa Getas Pejaten,...

Terbaru! Wisata River Tubing di Cengkir Manis yang Siap Pacu Adrenalinmu

BETANEWS.ID, KUDUS - Puluhan orang tampak mengunjungi Wisata Cengkir Manis, Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Mereka terlihat memanfaatkan fasilitas yang ada...

Kasus Covid-19 Turun 50 Persen, Jateng Nihil Zona Merah di Minggu ke-39

BETANEWS.ID, SEMARANG - Langkah serius Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam menangani Covid-19 membuahkan hasil. Pada pekan ke-39 sejak pandemi diperkirakan muncul pada...

Ribuan Kue Bolang-Baling Nyah Kobong Terjual Setiap Hari, Benar-Benar Legendaris

BETANEWS.ID, KUDUS - Beberapa orang terlihat antre di samping etalase yang ada di rumah tepi Jalan Johar, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Di...

Ganjar Sepakat Kasus Dangdutan di Kota Tegal Diproses Pidana

BETANEWS.ID, SEMARANG – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta Polri untuk memproses penyelenggara konser dangdut di...