31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

LP Ma’arif NU Kudus Launching Aplikasi Ammanu untuk Belajar Daring

BETANEWS.ID, KUDUS – Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kudus melaunching aplikasi Madrasah Ma’arif NU (Ammanu) di Aula SMP NU Al Ma’ruf Kudus, Rabu (9/9/2020). Aplikasi berbasis android tersebut dibuat untuk mendukung proses pembelajaran secara daring.

Ketua LP Ma’arif NU Kudus Ridlwan menuturkan, di kondisi masih pandemi ini, pihaknya berinisiatif membuat aplikasi yang dapat menjadi wadah proses pembelajaran jarak jauh. Menurutnya dengan adanya sistem yang terkontrol dan terpantau dengan baik, siswa akan lebih mudah melakukan proses pembelajaran.

“Ammanu ini untuk madrasah dan sekolah yang berada di naungan Ma’arif NU. Ini perwakilan admin masing-masing sekolah kita datangkan untuk pelatihan,” tuturnya.

-Advertisement-
Launching Aplikasi Ammanu. Foto: Imam Arwindra

Baca juga : Gasbro, Aplikasi Karya Putra Daerah yang Usung Potensi Kudus dan Sudah Miliki 300 Mitra

Ridlwan menjelaskan, setelah pelatihan selesai, nantinya akan ada sekitar 35 ribu siswa yang menggunakan aplikasi tersebut. Menurutnya, siswa akan terbantu dari proses rencana pembelajaran hinggal pengumpulan tugas.

“Sekolah yang berada naungan LP Ma’arif, yakni SD, MI-nya itu ada 125 unit. SMP, MTs nya ada 43 unit, MA ada 26 unit, SMA dua unit dan SMK delapan unit. Kalau jumlah SMA, SMK, MA ada 36,” jelasnya.

Sementara itu, Developer Aplikasi Ammanu, Fathun Naim menuturkan, aplikasi tersebut sudah dapat diunduh melalui Play Store. Menurutnya, aplikasi tersebut hanya dipergunakan untuk siswa saja. Sedangkan, admin dan guru madrasah akan mengakses aplikasi melalui website.

“Karena keterbatasan server, yang akses melalui android hanya siswa saja. Untuk admin dan guru lewat website,” tuturnya.

Menurutnya, aplikasi Ammanu sementara hanya diakses 100 sekolah saja. Dalam perkembangan, nantinya seluruh sekolah yang dinaungi LP Ma’arif Kudus akan bisa mengakses semua.

“Jadi semua sekolah nanti akan bisa mengakses. Walaupun puluhan ribu siswa, aplikasi tidak akan down,” jelasnya.

Baca juga : Mengenal Anjas, Difabel Asal Kudus yang Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat

Naim menjelaskan, isi menu dalam aplikasi Ammanu meliputi profil, kehadiran, tugas dan ujian, hasil, guru, perkembangan, liburan, berita kegiatan dan catatan. Menurutnya, kelebihan aplikasi akan lebih mumudahkan siswa dalam belajar daring.

“Aplikasi ini juga ada link yang sifatnya terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga seperti Zoom. Juga bisa upload tugas dan tahu mengenai jadwal pelajaran serta hari libur. Satu aplikasi untuk semua aktivitas pembelajaran,” tuturnya.

Editor : Kholistiono

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER