31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

43 Ahli Waris Pasien Covid-19 yang Meninggal Sudah Ajukan Santunan Rp 15 Juta

BETANEWS.ID, KUDUS – Sejumlah 43 orang pasien meninggal Covid-19 di Kudus sudah mengajukan persyaratan untuk mendapatkan santuan kematian sebesar Rp 15 juta. Pengajuan tersebut dilakukan oleh ahli waris pasien yang meninggal dan sudah terdata di Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana (Dinsos P3AP2KB) Kabupaten Kudus.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Bantuan Jaminan Sosial Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Kudus Adji Setiawan menuturkan, pihaknya sudah melakukan pendataan kepada 43 orang ahli waris pasien meninggal Covid-19. Menurutnya, data yang tercatat sudah diajukan ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Setelah data sudah di Provinsi (Jawa Tengah) nanti akan dilanjutkan ke Kementerian Sosial,” tuturnya Selasa (22/9/2020).

-Advertisement-

Baca juga: Ahli Waris Pasien Meninggal Akibat Covid-19 Dapat Santunan Rp 15 Juta

Menurut Adji, nanti setelah terdaftar di Kementerian Sosial, pihak kementerian akan mencairkan dengan cara mengirim langsung ke rekening ahli waris.

“Jadi kami sifatnya hanya memfasilitasi pendaftaran saja. Untuk proses pencairan dari kementerian,” jelasnya.

Dikatakan Adji, pihaknya kurang mengetahui apakah nantinya semua daftar yang diajukan keseluruhan mendapatkan santunan atau masih harus diverifikasi lagi oleh pusat. Menurutnya, hal tersebut akan menjadi kebijakan dari kementerian.

“Kami belum tahu, tapi semoga InsyaAllah dapat semua. Apa nanti dilakukan bertahap atau seperti apa kebijakan dari pusat”, tuturnya.

Adji menjelaskan, proses pendataan tersebut dilakukannya setelah mendapatkan surat edaran dari Gubernur Jawa Tengah tanggal 28 Agustus 2020. Selanjutnya, pihaknya membuat surat edaran mengenai santunan Rp 15 juta untuk pasien yang meninggal karena Covid-19 yang diberikan kepada Camat di Kudus.

“Surat tersebut dilanjutkan ke setiap desa untuk diketahui masyarakat,” tuturnya.

Baca juga: Dana Tidak Terduga untuk Penanganan Covid-19 Baru Terserap 9,65 Persen

Menurut Adji, pendataan 43 orang pasien meninggal tersebut dilakukan pada tahap pertama dari bulan Agustus hingga September 2020. Hingga saat ini pihaknya masih membuka pendaftaran bagi yang ingin melakukan klaim.

“Saat ini kami juga masih melakukan pendataan dan verifikasi terkait proses santunan pasien Covid-19,” jelasnya.

Diketahui, Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia akan memberikan santunan kepada pasien yang meninggal karena Covid-19. Santunan yang diberikan yakni sejumlah Rp 15 juta.

Ada beberapa persyaratan yang diberikan. Di antaranya yakni fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK) korban dan ahli waris, fotokopi surat keterangan meninggal dari rumah sakit, surat rekam medis yang menerangkan bahwa positif Covid-19, foto korban, dan nomor rekening.

Editor: Ahmad Muhlisin

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER