31 C
Kudus
Selasa, September 29, 2020
Beranda Business Lutunna Rental, Jasa...

Lutunna Rental, Jasa Persewaan Peralatan Bayi di Kudus yang Bikin Ibu Lebih Hemat

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa peralatan bayi terlihat tertata rapi di sebuah ruang depan rumah bercat kuning gading di Desa Peganjaran, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Beberapa baby stroller serta mainan anak beraneka bentuk dan warna itu, merupakan barang-barang usaha persewaan milik Asri Candra Puspita (31) bersama sang suami. Ialah Lutunna Rental, yang dirintisnya ketika masih kuliah di Semarang.

Asri, begitu ibu satu anak itu sering di sapa mengatakan jika ide membuka jasa penyewaan perlengkapan bayi muncul justru dari teman kuliahnya. Kala itu, teman Asri berhasil menyodorkan proposal kewirausahaan semasa kuliah untuk usaha penyewaan perlengkapan bayi di kampus mereka. Selanjutnya dirinya diberikan amanat untuk dititipi barang setelah teman satu kosnya itu lulus kuliah dan fokus pada hal lain.

Ragam peralatan bayi yang disewakan di Lutunna Rental. Foto: Titis Widjayanti

Baca juga : Diburu Ibu Hamil dan Kaya Manfaat, Sirup Parijoto Sumarlan Laris Manis di Pasaran

“Setelah temenku itu lulus kuliah dan fokus di Indonesia Mengajar, dia menghibahkan peralatan bayinya itu untuk saya kelola. Berjalannya waktu, akhirnya mulai banyak pelanggan dan saya juga menambah untuk beli peralatan,” papar Asri, Jumat (17/7/2020).

Karena dirinya sempat berpindah-pindah tempat menyesuaikan tugas dari kantor, peralatannya tersebut juga ikut dibawa dan kemudian di tempat barunya, dirinya membuka jawa penyewaan peralatan bayi.

Hingga akhirnya, kini dirinya membuka jasa penyewaan di rumah pribadinya yang berada di Kudus. Dikatakan Asri, hingga saat ini ia memiliki stok hingga 100 an lebih peralatan bayi. Mulai dari baby stroller, carsit, baby walker, push walker, boks bayi hingga perosotan dan mainan lain.

“Biasanya paling ramai itu waktu masa liburan. Banyak yang nyewa buat dipakai berlibur. Karena memang sesuai dengan jargon saya ya, ‘Ibu Cerdas, Ibu Hemat’. Dengan persewaan semacam ini, lebih hemat daripada beli dan nanti fungsinya hanya sebentar. Terus kalau servis dari kami itu, kelebihannya nanti bisa kami antarkan barangnya sampai di rumah. Dan waktu dikembalikan saya selalu mewanti-wanti supaya tidak perlu dicuci,” ungkap dia.

Hingga saat ini, Lutunna Rental melayani persewaan sekitar Kudus, Pati dan Jepara. Untuk di luar itu, Asri katakan dirinya belum sanggup melayani karena berbagai keterbatasan. Meski begitu, diakui Asri dari awal membuka usaha jasa tersebut sudah banyak pelanggan bahkan semakin bertambah hingga saat ini.

“Kalau antusiasme paling besar di daerah Jepara dan Pati. Karena dulu sebelum nikah, saya sendiri bawa usaha itu sesuai dengan domisili kerja. Pernah di Jepara, daerah Mayong, terus ke Kudus. Kalau di Kudus sendiri karena di sini sudah ada persewaan yang lebih besar yang ada showroomnya juga, jadi pelanggan mungkin lebih banyak memilih di sana. Kalau Lutunna kan memang belum ada showroom,” kata dia.

Meski begitu, dikatakan Asri, Lutunna memiliki keunggulan dalam hal servis atau pelayanan. Yakni berupa layanan antar dan pasang oleh kurir mereka hingga ke rumah pelanggan. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu susah payah datang dan tidak bingung merakit barang yang disewa.

Baca juga : Mesin Tetas Telur Full Otomatis Buatan Suyuti Dijual Mulai Harga Rp 750 Ribu

Selain itu, Asri mengatakan, melalui bisnis penyewaan tersebut diharapkan bisa membantu para orang tua untuk lebih berhemat dan tetap menyenangkan anaknya.

“Jadi ada kebahagian tersendiri ya untuk menjalankan bisnis semacam ini. Meskipun risikonya bisa dibilang 50-50, tapi bisa membantu orang tua untuk berhemat. Karena mainan dan kebutuhan bayi yang sekiranya cuma dibutuhkan sekitar 1-2 bulan bisa didapat secara lebih murah melalui sistem sewa,” katanya.

Sedangkan untuk tarif atau harga sewa bervariasi, tergantung jenis peralatannya. Misalkan, untuk stroller tarif sewanya Rp 185 ribu per bulan, kemudian rocking horse Rp 50 ribu sebulan, perosotan mini Rp 120 ribu per bulan dan lain sebagainya.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

26,043FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,293PengikutMengikuti
19,146PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Ribuan Kue Bolang-Baling Nyah Kobong Terjual Setiap Hari, Benar-Benar Legendaris

BETANEWS.ID, KUDUS - Beberapa orang terlihat antre di samping etalase yang ada di rumah tepi Jalan Johar, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Di...

Hanya dengan Rp 56 Ribu Sudah Bisa Nabung Emas di Pegadaian, Ini Caranya

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah emas batangan tampak di etalase yang berada di Kantor Pegadaian Kudus. Dua orang pria di sana terlihat sedang...

Tak Patah Semangat Berkali-kali Bangkrut, Ardi Temukan Kesuksesan di Resto Ulam Sari

BETANEWS.ID, KUDUS - Beberapa mobil dan motor tampak terjajar di area parkir restoran di tepi utara Jalan Museum Kretek, Desa Getas Pejaten,...

Terbaru! Wisata River Tubing di Cengkir Manis yang Siap Pacu Adrenalinmu

BETANEWS.ID, KUDUS - Puluhan orang tampak mengunjungi Wisata Cengkir Manis, Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Mereka terlihat memanfaatkan fasilitas yang ada...

Ganjar Sepakat Kasus Dangdutan di Kota Tegal Diproses Pidana

BETANEWS.ID, SEMARANG – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta Polri untuk memproses penyelenggara konser dangdut di...

Antisipasi Klaster Perkantoran, Hartopo: ‘Seluruh Pegawai Kantor Sekda WFH Seminggu’

BETANEWS.ID, KUDUS - Satu orang Aparatur Sipil Negara (ASN) meninggal dan enam orang lainnya terkonfirmasi positif Covid-19 pada Kamis (24/9/2020). Ketujuh orang...

Beli Piaggio atau Vespa di Kharisma Kudus Bulan Ini Langsung Dapat Voucher Jutaan Rupiah

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah motor matic bertuliskan Vespa dengan varian cat warna-warni terlihat di Diler Kharisma Kudus, Jalan Ahmad Yani No 126,...