31 C
Kudus
Jumat, November 27, 2020
Beranda Otomotif Bedah Spesifikasi Lengkap...

Bedah Spesifikasi Lengkap Motor 250 cc Paling Garang, Kawasaki Ninja ZX-25R

BETANEWS.ID, KUDUS – Motor sport dengan tampilan gahar nan sporty tampak terpajang di dalam Dealer Kawasaki Kudus. Dari tampilannya motor dengan warna cat hitam tersebut terlihat mewah dan garang. Motor tersebut adalah Kawasaki Ninja ZX-25R 4 silinder. Sepeda motor paling buas di kelas 250 cc.

Anton (47), Kepala Cabang Dealer Kawasaki Kudus menuturkan, Kawasaki Ninja ZX-25R 4 silinder merupakan gebrakan produsen motor asal Jepang di kelas 250 cc. Jika biasanya motor 250 cc itu mentok di dua silinder, tapi Kawasaki yang memang pelopor di kelas tersebut memproduksi motor 250 cc empat silinder pertama di Indonesia.

“Biasanya mesin motor 4 silinder itu disematkan pada motor gede (moge) dengan cc lebih besar. Namun, karena ingin memuaskan para pecinta motor sport, Kawasaki Motor Indonesia bikin gebrakan dengan memproduksi Kawasaki Ninja ZX-250 R 4 silinder,” ujar Anton kepada betanews.id, Sabtu (22/8/2020).

Kawasaki Ninja ZX-250 R 4 silinder. Foto: Rabu Sipan

Baca juga : Bedah Spesifikasi Lengkap Motor 250 cc Paling Garang, Kawasaki Ninja ZX-25R

Pria yang merupakan warga Kelurahan Wergu Kulon, Kecamatan Kota, Kudus itu mengatakan, motor Ninja ZX-25R 4 silinder dijejali mesin berkubikasi 248,8 cc, double overhead camshaft (DOHC) 4 silinder segaris 16 katup. Mesinnya juga sudah berpendingin cairan.

Menurutnya, keunggulan 4 silinder yang diusung pada Ninja ZX-25R yakni menjadikan mesin lebih bertenaga, torsi yang dikeluarkan lebih besar. Sehingga akselerasinya makin optimal. Selain itu, tuturnya, suara yang dihasilkan dari mesin 4 silinder juga lebih khas.

“Kawasaki Ninja ZX-25R sudah disematkan teknologi Kawasaki taction control (KTRC). Serta juga sudah berbekal Kawasaki Quick Shifter (KQS) dan power mode. Jadi Kawasaki ZX-25R itu makin tangguh dan semakin bisa diandalkan,” bebernya.

Lebih lanjut, desain Kawasaki ZX-25R 4 silinder memiliki tampilan sporty. Punya garis body yang lebih agresif, serta dilengkapi dengan kaki – kaki yang kekar. Selain itu, Kawasaki ZX-25R 4 silinder didukung fitur Ram Air di bagian fairing.

“Fitur tersebut berfungsi membantu sirkulasi udara masuk ke radiatornya. Lampu sein juga dirancang menyatu dengan fairing,” ungkapnya.

Untuk suspensi, tambahnya, jagoan terbaru dari Kawasaki itu memadukan mesin yang tangguh dan suspensi berkelas. Diketahui suspensi bagian depan dilengkapi upside down. Serta bagian belakangnya motor Kawasaki Ninja ZX-25R 4 silinder menggunakan suspensi horizontal back-link.

Sementara itu, sasis Kawasaki ZX-25R 4 silinder menggunakan jenis trellis yang dibuat dengan bahan high tensile steel yang berkualitas. Menurutnya, dengan sasis yang ciamik dan didukung ban tubeless, motor Ninja ZX-25R 4 silinder sangat nyaman untuk berkendara.

“Kawasaki Ninja ZX-25R 4 silinder sistem pengeremannya juga sangat mumpuni. Rem depan dan belakang berupa single disc. Rem depan mengusung kaliper mono block yang mempunyai radial mount seperti moge,” bebernya.

Tak hanya itu, tambahnya, untuk Kawasaki Ninja ZX-25R 4 silinder juga didukung dengan separate function fork-big piston (SFF-BF) yang memiliki isi tabung kanan dan kiri berbeda. Untuk yang versi spesial edition, sistem pengeremennya sudah dibekali anti braking system (ABS) yang mampu berfungsi maksimal.

“Saya kira semua sudah tahu ya fungsi dari ABS. Yakni agar tidak terjadi penguncian ban saat terjadi pengereman mendadak,” jelasnya.

Baca juga : Deretan Teknologi Canggih di Yamaha Aerox Bikin Berkendara Makin Nyaman

Dia menuturkan, meski masih menggunakan anak kunci, Kawasaki Ninja ZX25R 4 silinder keamanannya sangat terjamin. Sebab, motor tersebut sudah disematkan fitur immobilizer. Dengan fitur tersebut ada sebuah ship di dalam anak kunci. Nantinya chip tersebut akan mengirim sinyal ke ECU dalam jarak tertentu.

Setelah ECU membaca chip di kunci, motor bisa dinyalakan. Mesin motor tidak akan hidup, jika kunci yang ada chipnya berada di kejahuan, atau tak terbaca oleh ECU. Meskipun dinyalakan dengan kunci duplikat, bahkan kunci T yang digunakan para maling.

“Fitur tersebut biasanya terdapat pada motor gede (moge). Dan dikelas 250 cc hanya Kawasaki Ninja ZX-25R 4 silinder yang menggunakan,” bebernya.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

27,184FansSuka
13,973PengikutMengikuti
4,307PengikutMengikuti
23,029PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

UMK Eks Karesidenan Pati, Rembang Terendah Kudus Tertinggi

BETANEWS.ID, MAGELANG - Upah Minimum Kabupaten (UMK) di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2020. Kenaikannya bervariasi mulai dari...

Kue Kamir Khas Arab, Pertama di Kudus yang Kini jadi Primadona

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi Jalan KH Ahmad Dahlan sebelah barat Perempatan Sucen, Kelurahan Kerjasan, Kecamatan Kota, Kudus tampak terlihat kedai penjual...

Awalnya Hanya Hobi Ternak Ikan Guppy, Gankzoe’s Malah Mampu Ekspor

BETANEWS.ID, KUDUS - Di ruangan sebuah rumah yang berada di RT 8 RT 3 Gang Sendrong, Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten...

Nganggur 8 Bulan Akibat Pandemi, Ari Bangkit Jualan Tanaman Hias di Tepi Jalan

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi jalan sebelah lapangan sepak bola Desa Loram Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, tampak mobil pikap yang mengangkut...

Tolak Gaji Rp 25 Juta Per Bulan di Jepang, Safuan Pilih Rintis Usaha Produksi Pupuk Organik

BETANEWS.ID, KUDUS - Beberapa pria tampak sedang sibuk di sebuah pekarangan di Dukuh Bonajar RT 2 RW 6, Desa Puyoh, Kecamatan Dawe,...

Pemkab Kudus Tak Larang Gelar Pesta Pernikahan, tapi Jangan Ada Panggung Hiburan

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menegaskan tidak pernah melarang gelaran pesta pernikahan selama masa pandemi. Namun, pihaknya terus mengimbau pelaksanaannya...

IAIN Salatiga Ciptakan Aplikasi Belajar Daring yang Diklaim Ungguli Google Clasroom

BETANEWS.ID, SALATIGA – Seorang pria terlihat sedang sibuk mengoperasikan komputer di sebuah ruang Gedung Rektorat IAIN Salatiga, Senin (12/10/2020). Tangannya tampak cekatan...