31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKISAHUsaha Konter Pulsa...

Usaha Konter Pulsa Gulung Tikar, Umam Bangkit Rintis Usaha Besi Begel

BETANEWS.ID, KUDUS – Di halaman sebuah samping rumah di Dukuh Karang Dowo, Desa Bae, Kecamatan Bae, Kudus terlihat beberapa orang pria sedang sibuk. Mereka terlihat ada yang memotong serta ada merangkai besi. Satu di antara pria tersebut yakni Muhammad Khotibul Umam (29), pemilik usaha pembuatan besi begel dan cakar ayam.

Di sela aktivitasnya tersebut, pria yang akrab disapa Umam itu sudi berbagi kisah tentang usahanya. Dia mengatakan, mulai merintis usahanya itu dua tahun lalu, setelah usaha yang dimiliki sebelumnya gulung tikar.

Proses pembuatan cakar ayam : Foto : Rabu Sipan

“Sebelum terjun di usaha pembuatan besi begel dan cakar ayam. Dulu saya punya usaha konter pulsa dan kartu perdana semua provider. Namun sayang, usaha pertama saya terpaksa tutup karena sudah tidak menguntungkan,” ujar Imam kepada betanews.id, Rabu (10/6/2020).

- Ads Banner -

Baca juga : Tak Hanya Murah, Begel dan Cakar Ayam Buatan Umam Gunakan Besi Baru

Pria yang sedang menanti kelahiran anak keduanya itu mengatakan, sebenarnya usaha konter pulsa yang dirintis pada tahun 2012 itu pernah mengalami masa jaya. Penjualan kartu perdana bisa sampai ke beberapa kota di Pulau Sumatra. Bahkan dari usaha tersebut, dia mengaku mampu beli mobil.

Namun sayang, masih kata dia, sejak ada peraturan dari pemerintah, bahwa untuk aktivasi nomor perdana baru, harus pakai nomor kartu keluarga (KK) dan nomor kartu tanda penduduk (KTP). Serta penggunaan nomor KK dan KTP untuk aktivasi juga dibatasi hanya tiga kali. Sehingga pembeli kartu perdana jadi turun drastis.

“Sebelumnya yang saya jual itu kartu perdana yang sudah aktif. Masyarakat dulu kan suka gonta ganti kartu perdana. Bahkan dulu itu ada perdana khusus untuk paket data. Karena dibatasi, jadinya orang jarang beli perdana. Sehingga usahaku tidak jalan dan saya tutup,” ujar pria yang mengenakan kaus oblong itu.

Kemudian lanjutnya, ia pun berinisiatif untuk membuka usaha baru. Kebetulan saat bertandang ke rumah kerabat, saudaranya itu punya usaha pembuatan besi begel dan cakar ayam. Dari situ, Umam mengaku dapat ide untuk membuat usaha serupa. Dia pun kemudian nekat merintis usaha pembuatan besi begel dan cakar ayam.

“Padahal saat itu saya tidak tahu sama sekali tentang proyek dan pembesian. Saya modal nekat itu, beli besi dan mempekerjakan satu orang yang bisa membuat besi begel dan cakar ayam,” beber Umam sambil mengintruksikan pekerjanya.

Setelah begel dan cakar ayam sudah jadi, tuturnya, kemudian ia posting di marketplace Facebook. Dia bersyukur, saat memposting itu respon masyarakat bagus. Bahkan langsung ada yang pesan.

Baca juga : Nama Faeza Pondasi Diharap Memberi Tuah Kelancaran Usaha Ari

Dia mengatakan, usahanya itu sudah jalan dan sudah punya banyak pelanggan. Bahkan pelanggannya meliputi semua daerah eks Karesidenan Pati. Untuk memenuhi permintaan para pelanggannya, dia kini mempekerjakan lima orang. Sepekan ia bisa menghabiskan satu ton besi untuk dibikin besi begel dan cakar ayam.

“Aku bersyukur usaha pembuatan besi begel dan cakar ayam kini sudah banyak pelanggan. Semoga makin lancar ke depannya,” tutupnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler