31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKISAHSatu - Satunya...

Satu – Satunya Perempuan di Kudus yang Tekuni Usaha Jual Beli Mesin Jahit

BETANEWS.ID, KUDUS – Di pelataran bangunan beratap seng, tampak beberapa mesin jahit berjajar. Di sampingnya terlihat beberapa pria sedang memperbaiki mesin jahit. Sedangkan di dalam bangunan penuh sesak mesin jahit dengan berbagai merk dan jenis. Di pojok bangunan tampak perempuan mengenakan jilbab sedang sibuk dengan alat penghitung. Perempuan tersebut yakni Endang Setiyoningsih (43), satu – satunya perempuan di Kudus yang menekuni usaha mesin jahit.

Di sela kesibukannya tersebut, perempuan yang akrab disapa Endang itu sudi berbagi kisah tentang usahanya. Dia menuturkan, meski pengguna mesin jahit itu kebanyakan para perempuan, tapi di Kudus sendiri usaha jual beli mesin jahit masih didominasi kaum Adam.

Endang Setiyoningsih sedang memperbaiki mesin jahit. Foto : Rabu Sipan

“Bahkan di Kudus, saya itu satu – satunya perempuan yang menekuni usaha jual beli mesin jahit,” ujar Endang kepada betanews.id, Selasa (9/6/2029).

- Ads Banner -

Baca juga : Beberapa Kali Lamaran Kerja Ditolak, Naini Kini Sukses dengan Usaha Menjahit

Perempuan warga Desa Pedawang itu mengatakan, sebenarnya toko mesin jahit miliknya yang bernama Singer itu dulu peninggalan suaminya. Toko tersebut dirintis sejak 2002. Namun sejak tahun 2012 suaminya meninggal dunia. Sehingga dia mau tidak mau harus meneruskan usaha tersebut untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

“Dulu saya juga ibu rumah tangga biasa. Ketika suami saya meninggal, saya pun harus meneruskan usaha tersebut. Awalnya jujur saya bingung, karena saat itu saya tidak tahu tentang mesin jahit,” ujarnya kemudian mengangkat panggilan telepon.

Setelah selesai menelepon, ia pun melanjutkan memberi keterangan. Untuk melanjutkan usaha mesin jahit tersebut, dia kemudian berinisiatif untuk bertanya perihal mesin jahit kepada teman almarhum suaminya. Dia bersyukur, para teman almarhum sangat baik, dan selalu memberi jawaban saat ditanya.

“Bahkan, dulu saat pekerja saya kebingungan memperbaiki mesin jahit, saya yang bertanya kepada teman almarhum suami saya. Kalau sekarang pekerja saya sudah ahli semua tentang mesin jahit,” jelasnya.

Baca juga : Sempat Terpuruk Usaha Baksonya Bangkrut, Resa Bangkit Jual Sembako dan Lauk Segar

Dia mengatakan, toko mesin jahit Singer yang berada di Ruko Ngasirah Nomor 2, Desa Rendeng, Kecamatan Kota, Kudus itu, melayani jual beli mesin jahit berbagai merk dan jenis. Di antaranya, merk Butterfly, Singer, Typical dan lain sebagainya. Di tokonya juga melayani servis mesin jahit, serta menyediakan aneka spare part mesin jahit.

“Saya bersyukur, meski awalnya kebingungan untuk melanjutkan usaha toko mesin jahit, tapi dengan kegigihan, akhirnya saya bisa melewati masa – masa sulit itu. Dan yang paling saya syukuri para pelanggan mendiang suaminya tetap percaya kepada toko mesin jahit Singer,” tutup perempuan yang kini sudah menikah untuk kedua kali.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler