31 C
Kudus
Senin, Juli 13, 2020
Beranda Gaya Hidup Salsation Bisa Jadi...

Salsation Bisa Jadi Solusi Hidup Sehat dan Cantik Luar Dalam

BETANEWS.ID, KUDUS – Belasan wanita tampak begitu lincah menggerakkan tubuhnya mengikuti iringan musik yang disetel cukup kencang. Keringat yang membasahi tubuh, seperti tak lagi dihiraukan jika melihat antusiasme mereka saat mengikuti arahan sang instruktur. Sesekali, suara-suara teriakan juga terdengar kompak dari tempat yang didominasi warna kuning itu. Kegiatan tersebut merupakan kelas salsation yang diadakan di Centro Fitness.

Instruktur Salsation Sandys Silva (28) mengatakan, banyak orang yang jatuh hati dengan jenis dance fitness yang sedang ngetren itu karena gerakannya yang variatif. Terlebih, manfaatnya sendiri untuk kesehatan juga banyak, salah satunya adalah melatih kelenturan badan.

Sandys Silva sedang memandu peserta kelas Salsation di Centro Fitness, Jumat (19/6/2020). Foto: Titis Widjayanti.

“Bedanya salsation dengan dance fitness lain itu, karena kita memang fokusnya melatih kelenturan tubuh, ya. Bagian dada dan badan bawah meliputi pinggul ke bawah. Kalau di salsation itu, sebelum warming up diawali body isolation meliputi upper body sama lower body. Terus diakhiri sama cooling down,” ungkapnya, Jumat (19/6/2020).

Menurut wanita yang akrab disapa Shely itu, salsation bisa diikuti berbagai jenis kelamin dan umur. Jadwal kelasnya juga berbeda, mulai kelas pagi, sore, dan malam. Untuk mengikuti kelas di Centro Fitness yang berada di Jalan Kutilang Nomor 3A, Magersari, Desa Panjunan, Kecamatan Kota, Kudus, peminat cukup membayar Rp 25 ribu setiap pertemuan.

Baca juga: Lebih Santai dan Menyenangkan, Zumba Makin Digandrungi Warga Kudus

“Jadi kalau kelas saya itu beragam, ya. Semua umur bisa ikut. Jadi kadang ada ibu-ibu sama anaknya. Karena memang ini salah satu bentuk dance fitness yang tidak terlalu rumit. Apalagi ditambah musik, jadi gerakannya menyesuaikan musiknya,” bebernya.

Untuk member baru, Shely memberikan tips untuk datang tepat waktu. Hal ini penting, dikarenakan salsation memiliki pemanasan yang berbeda dengan dance fitness lain. Sehingga harus datang tepat waktu untuk mengikuti langkah demi langkah.

“Sedangkan untuk kostum, tidak harus pakaian yang rumit. Cukup memakai pakaian yang nyaman untuk gerak dan sepatu,” jelasnya.

Salah satu member, Arin Nikmah (37) mengaku senang dan menikmati kelas salsation. Bahkan, ia cukup rutin ikut kelas tersebut selama dua kali dalam sepekan. Dikatakannya, gerakan-gerakan salsation selain menjaga kebugaran tubuh juga bermanfaat bagi kehidupan rumah tangganya.

“Saya memang dari member awal yang mengikuti kelas salsation bersama Kak Shely ini, sekitar tahun 2018. Jadi kenapa milih ini, karena bedanya dengan dance fitness lain, itu gerakannya menggunakan feel. Selain itu juga melatih body isolation, ya. Dan itu benar-benar bermanfaat, karena kita bisa sehat inside dan outside,” papar Arin yang sehari-hari bekerja di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus itu.

Baca juga: Tak Ingin Kena Stroke Seperti Ayah dan Kakaknya, Andi Tekuni Olah Raga Fitnes

Hal sama juga diutarakan Alfa Afriza (32). Menurutnya, salsation memang olahraga yang memiliki candu sendiri. Melalui salsation, dirinya tidak hanya kardio namun juga dapat manfaat lain, seperti ekspresi, bahasa tubuh, hingga melatih otot kewanitaan yang menambah keharmonisan rumah tangganya.

“Melalui lagu dan gerakannya, kita dilatih body language, lebih ekspresif dan tentunya melatih otot kewanitaan. Jadi tidak ada member yang malu-malu, semua dilatih di sini untuk menjadi PD (percaya diri). Dan tentunya body isolation. Itu dapat menambah keharmonisan rumah tangga,” tutup Alfa.

Editor: Ahmad Muhlisin

Karir Beta Media

Kami menantang kalian untuk bergabung di Tim Beta Media. Sebagai Media baru kami butuh talenta muda yang suka tantangan.

Tinggalkan Balasan

24,765FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,303PengikutMengikuti
13,616PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Mobil yang Diduga Digondol Perampok Ada di Tepi Jalan Sejak Pagi

BETANEWS.ID, KUDUS - Satu unit kendaraan Toyota Innova bernomor polisi K-9369-DT menjadi perhatian sejumlah pengendara yang melintas di depan SMPN 1 Jati,...

Pesona Keindahan Alam Bak Raja Ampat, Bukit Puser Angin Diserbu Wisatawan

BETANEWS.ID, KUDUS - Pagi itu Sabtu (11/7/2020) Bukit Puser Angin Kudus ramai pengunjung. Terlihat para pengunjung ada yang datang menggunakan motor, sepeda...

Berjam-Jam Perampok Satroni Rumah di Jalan Ahmad Yani Kudus, Gondol Rp 2 M

BETANEWS.ID, KUDUS - Kawanan perampok menyatroni rumah milik Lim Cahyo Wibowo yang berada di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Kota...

Gudang Sepeda Milik Fais, Surganya Spare Part Baru dan Bekas di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS - Puluhan orang datang silih berganti ke gudang onderdil sepeda milik Fais, Selasa (7/7/2020). Mereka terlihat masuk dan kemudian memilah...

Rumah Kemasan Jateng Bikin Tampilan Produk UKM Berkelas Internasional

BETANEWS.ID, SEMARANG – Saat gowes dan melintas di depan gedung yang bertuliskan Rumah Kemasan, di Jl Ki Mangunsarkoro Kota Semarang, Jumat (10/7/2020),...

Jalani Bisnis dari Hobi, Kini Vape Jadi Ladang Rezeki Cukong

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi utara Jalan Gang Veteran Desa Janggalan, Kecamatan Kota, Kudus tampak bangunan berlantai dua berpintu kaca. Di dalam...

Ganjar Minta Bupati dan Wali Kota Bentuk Gugus Tugas Khusus di Kawasan Industri

BETANEWS.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta bupati dan wali kota membentuk gugus tugas khusus di kawasan industri. Menurutnya, untuk...