31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKUDUSJika Program SIM...

Jika Program SIM Gratis Juga Berlaku di Kudus, 1.692 Warga Berpeluang Bisa Ikut

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang pria mengenakan kaca mata dengan masker hitam tampak sedang membuka data penduduk di Kabupaten Kudus. Dia tak lain adalah Busono (56), Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kudus. Sambil menunjukkan layar laptop di hadapannya, dia menjelaskan jumlah data penduduk Kudus yang lahir pada 1 Juli.

Data yang ia tunjukan yakni data warga Kudus yang sudah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP). Mulai tahun 1970 hingga 2003, atau usia 17 tahun hingga 50 tahun. Menurutnya, dari rentang waktu tersebut, ada 1.692 warga Kudus yang lahir pada 1 Juli.

“Dari data yang ada di Dukcapil, warga Kudus yang lahir pada 1 Juli dalam rentang waktu mulai tahun 1970 hingg 2003 ada 1.692 warga. Jadi ini usia aktif menggunakan kendaraan, dan sudah melakukan perekaman KTP,” terangnya kepada betanews.id, Selasa (16/6/2020).

- Ads Banner -

Baca juga : Satlantas Polres Kudus Masih Tunggu Intruksi untuk Pembuatan SIM Gratis pada 1 Juli 2020

Jika benar adanya penggratisan pembuatan SIM di Kudus, dia sangat mendukung dan mengapresiasi program tersebut. Menurutnya, itu hal yang bagus, terobosan baru memberi fasilitas SIM gratis sekaligus memperingati Hari Bhayangkara ke-74.

Dia juga berharap, warga Kudus yang lahir pada 1 Juli bisa memanfaatkan program tersebut. Karena SIM menjadi bagian syarat berkendara, jadi harus ditaati demi kenyamanan dan keamanan berkendara.

“Kalau sudah lengkap syarat berkendara kan lebih tenang. Taati peraturan demi keselamatan diri sendiri dan orang lain,” ujar warga Karangmalang, Gebog, Kudus itu.

Untuk diketahui, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan mengadakan program pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara.

Program ini direncanakan akan berlangsung pada 1 Juli 2020 bertepatan dengan HUT Bhayangkara.

Dalam program ini, pembuat SIM tidak akan dipungut biaya pembuatan SIM yang masuk dalam kategori penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Kemudian di antara syarat pembuatan SIM gratis bagi warga adalah mereka yang memiliki tanggal lahir 1 Juli. Kemudian, syarat lain adalah, hanya berlaku untuk kalangan tertentu. Dalam hal ini, kebijakan tersebut tergantung masing-masing daerah.

Baca juga : Pemohon SIM Meningkat, Satlantas Polres Kudus Perketat Protokol Kesehatan

Meski begitu, untuk di Kabupaten Kudus sendiri, program itu belum bisa dipastikan ada. Dalam hal ini, Kasat Lantas Polres Kudus AKP Galuh Pandu Pandega menjelaskan, pihaknya belum menerima surat edaran terkait penggratisan SIM pada 1 Juli 2020 nanti. Meski setiap HUT Bhayangkara memang ada kegiatan bakti sosial, dirinya belum bisa memastikan hal tersebut.

“Jadi ini masih menunggu petunjuk dari pusat terkait SIM gratis. Jadi kami belum bisa memberi keputusan,” jelasnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler