31 C
Kudus
Sabtu, Juli 4, 2020
Beranda Business Awalnya Ikut-Ikutan, Kini...

Awalnya Ikut-Ikutan, Kini Bonsai Jadi Mata Pencaharian Ali Fadli

BETANEWS.ID, KUDUS – Sebuah pohon bonsai dengan kawat melilit batangnya tampak di halaman sebuah rumah di Desa Gondangmanis RT 04 RW 04, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Seorang pria dengan pelan-pelan mulai melepas kawat tersebut. Dia yakni Muhammat Ali Fadli (28), pemilik Bonsaiku.

Sambil melepas kawat, Ali sapaan akrabnya berbagi cerita kepada betanews.id tentang usahanya itu. Awalnya dia hanya ikut-ikutan temannya. Setelah satu tahun menekuni, bonsai buatannya ternyata diminati teman-temannya dan dibeli. Dari situlah kemudian dia tertarik untuk menekuni bisnis tersebut.

Ali Fadli sedang merawat salah satu bonsai yang dijual di rumahnya, Sabtu (30/5/2020). Foto: Ahmad Rosyidi.

“Awalnya saya ikut-ikutan teman, mulai tahun 2018 lalu. Kalau jualan belum lama, baru sekitar satu tahun. Gara-gara bonsai saya dibeli teman-teman, jadi saya tertarik untuk bisnis bonsai,” paparnya, Sabtu (30/5/2020).

Baca juga: Bonsaiku, Jual Bonsai Cantik Harga Menarik

Saat awal menekuni bonsai, dia juga pernah beberapa kali gagal. Menurutnya, dalam proses merawat tanaman kerdil perlu kesabaran. Karena proses pembentukan bisa membutuhkan waktu lama jika mulai dari kecil.

“Paling susah perawatan asam jawa, penggantian media akar harus utuh. Karena rawan mati jika ada yang tertinggal akarnya. Awal-awal gagal karena masih belajar. Saya belajar dari teman-teman dan tutorial dari Youtube,” terang bapak satu anak itu.

Ali juga berbagi tips perawatan bonsai. Untuk penyiraman pohon dilakukan pagi hari dan sore hari, jangan saat matahari masih terik. Kemudian, pohon harus terkena sinar matahari secara langsung, minimal selama enam jam.

Baca juga: Di Lahan 3000 Meter Persegi, Aan Wujudkan Mimpi Buat Tempat Wisata Edukasi Buah Anggur

Untuk pertumbuhan pohon, menurutnya setiap pohon membutuhkan waktu yang berbeda. Jadi perlu dicek terus agar tidak terlambat melepas kawatnya.

“Diberi pupuk juga jangan lupa. Untuk pupuk cukup dua pekan sekali saja. Yang penting saat proses pembentukan pohon harus dipantau terus. Jika kawat sudah mulai masuk dikulit pohon berarti sudah bisa dilepas,” tutup Ali.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

24,655FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,306PengikutMengikuti
12,711PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Dibuka Kembali, Wisata Ternadi yang Suguhkan Indahnya Alam Muria Ramai Pengunjung

BETANEWS.ID, KUDUS – Keindahan lereng Penggunungan Muria langsung menyergap indra penglihatan saat tiba di Destinasi Wisata Ternadi, Sabtu (27/6/2020). Cuaca yang cerah...

Industri Furniture di Semarang Ini jadi Langganan Artis Hollywood

BETANEWS.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba-tiba menghentikan sepedanya ketika melintas di depan bangunan tua bergaya Eropa di Jalan Raya...

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Kelas 3 Dapat Subsidi Rp 16.500

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah orang yang hendak masuk ke kantor BPJS Kesehatan Kudus tampak diarahkan untuk cek suhu badan dan cuci tangan...

Segar di Mulut Aman di Perut, Es Mie Telur Jelly di Kedai Azzam Diburu Pembeli

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi Jalan Tambak Lulang, Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus tampak bangunan bercat merah jambu. Di dalam bangunan terlihat...

Satu Pegawai Positif Covid-19, Kampus UMK Diliburkan Sepekan

BETANEWS.ID, KUDUS - Universitas Muria Kudus (UMK) akan meliburkan sementara aktivitas di kampus menyusul adanya satu pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Mantan Anggota DPRD Kudus Meninggal di Depan ATM

BETANEWS.ID, KUDUS - Mantan Anggota DPRD Kabupaten Kudus , Ngatmin Ali Manda meninggal mendadak di depan ATM BNI dekat Kantor Perusahaan Daerah...

Sempat Stop Setahun, Pedangdut Ayu Vaganza Kembali Konsumsi Narkoba Karena Sepi Job

BETANEWS.ID, KUDUS - Pedangdut Ayu Vaganza (23) ditangkap Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Kudus, Selasa (30/6/2020). Perempuan yang memiliki nama asli...