31 C
Kudus
Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBISNISAndalkan Purnajual, Ekayana...

Andalkan Purnajual, Ekayana Suplai Mesin Fotokopi Hingga Luar Negeri

BETANEWS.ID, KUDUS – Puluhan mesin fotokopi tertata rapi di dalam sebuah rumah di Desa Dersalam, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Sebagian besar mesin-mesin tersebut masih terbungkus plastik. Tempat tersebut yakni Ekayana Copy Machine yang jadi pemasok mesin fotokopi hingga luar negeri.

Sutiyono (50) pemilik dari Ekayana menuturkan, Ekayana merupakan pusat mesin fotokopi yang menyediakan aneka jenis dan merek. Pelanggannya pun sudah banyak dan tersebar di seluruh kota-kota di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Mianggas sampai Pulau Rote.

Seorang karyawan melewati deretan mesin fotokopi baru di Ekayana Copy Machine, Rabu (17/6/2020). Foto: Rabu Sipan.

“Kami itu sudah menyuplai mesin fotokopi ke seluruh Indonesia. Bahkan beberapa kali saya nyuplai mesin fotokopi ke negara tetangga yakni Timor Leste,” ujar pria yang akrab disapa Yono kepada Betanews.id, Rabu (17/6/2020).

- Ads Banner -

Pria yang dikaruniai tiga orang anak itu menuturkan, dalam menjual mesin fotokopi, ia memprioritaskan servis purnajual. Menurutnya, dengan layanan tersebut, para pembeli akan merasa puas. Karena selama ini, pemilik mesin tersebut kebanyakan punya kendala di servis purnajual.

Baca juga: Meski Lokasi Sempit, Toko Mesin Jahit Singer Diklaim Terlengkap di Kudus

“Saat ada kerusakan mesin, biasanya para pembeli itu kesulitan memanggil teknisi dari toko mesin yang dibelinya. Kalau pun datang, itu tiga hari kemudian baru datang. Jadi bisa menghambat usaha,” beber Yono.

Makanya, pendekatan berbeda diterapkannya di Ekayana Copy Machine. Di tempatnya, tenaga teknisi selalu siap. Saat dihubungi ada kerusakan, hari itu juga siap datang.

“Bahkan untuk menyiapkan teknisi, saya rela melatih para putra daerah Kudus dan sekitarnya untuk jadi teknisi mesin fotokopi handal. Sekarang saya sudah ada 25 teknisi yang saya sebar ke berbabagi kota,” ungkapnya.

Yono lantas merinci mesin fotokopi yang ia jual, yaitu merek Canon, Xerox, dan Kiyocera. Dari mesin fotokopi hitam putih hingga yang berwarna semua tersedia. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 18 juta hingga Rp 30 juta. Semua pembelian mesin fotokopi ada garansi enam bulan.

“Selain itu, pembayaran bisa tunai maupun kredit. Pembayaran kredit selain lebih ringan, juga buat memastikan pelayanan servis purnajualnya, bagus apa tidak,” kata Yono.

Baca juga: Penjualan Sepeda di Toko Suka Jaya Meroket, Sepeda Gunung dan Lipat Terlaris

Selain menjual, ia juga menyewakan mesin fotokopi dengan harga mulai Rp 300 ribu sampai Rp 1,5 juta sebulan. Harga sewa tergantung speasifikasi mesin yang disewa. Menurutnya, penyewa itu kebanyakan dari instansi pemerintah, perkantoran, dan bank. Ekonomisnya sewa mesin fotokopi itu, penyewa tidak perlu memikirkan perawatan.

“Enaknya itu, mesin ada masalah tinggal telepon. Pingin diperbaiki atau pingin diganti mesin fotokopinya, mereka tinggal ngomong, pasti kami penuhi,” tutup Yono.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler