31 C
Kudus
Sabtu, April 20, 2024

Lagi-Lagi Bertambah, 13 Tenaga Medis di Kudus Positif Covid-19

BETANEWS.ID, KUDUS – Pasien positif Covid-19 di Kudus lagi-lagi bertambah. Kali ini penambahan pasien terjadi pada garda terdepan yang berperang melawan corona. Sebanyak 10 tenaga medis dinyatakan positif, sehingga total hingga saat ini ada 13 orang dengan penambahan tersebut.

Penambahan jumlah pasien positif tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kudus Andini Aridewi, Minggu (3/4/2020). Sehari sebelumnya, ada tiga orang tenaga medis di Kudus yang dinyatakan positif corona.

“Ini di luar yang kemarin. Kemarin tiga orang, hari ini baru lagi 10 orang, (tenaga medis positif Covid-19)” ungkapnya melalui video conference  siang tadi.

Andini menerangkan, jumlah 10 tenaga medis tersebut, lima orang berasal dari luar Kudus, dan lima orang lainnya dari dalam Kudus. Lima tenaga medis dari luar kudus, dua di antaranya dari Semarang dan tiga lainnya dari Demak.

Untuk tenaga medis yang dari Semarang, kata Andini, yakni laki-laki berusia 50 tahun dan 41 tahun. Sedangkan dari Demak yakni laki-laki berusia 23 tahun dan 27 tahun, serta perempuan berusia 43 tahun.

“Untuk dua yang dari Semarang dirawat di rumah sakit Semarang,” terangnya.

Sedangkan lima tenaga medis dari dalam Kudus yang terpapar, kata Andini, empat orang dari Kecamatan Jati. Satu orang tenaga medis lainnya berasal dari Bae.

Dia merinci, empat orang dari Kecamatan Jati semuanya perempuan. Mereka ada yang berusia 32 tahun, 34 tahun, 35 tahun dan ada yang berusia 48 tahun. Sedangkan dari Kecamatan Bae yakni perempuan usia 40 tahun.

“Jadi jumlah total tenaga medis yang terpapar ada 13 orang, mereka tidak memiliki penyakit penyerta. Sesak nafas pun juga tidak ada, ” jelasnya.

Andini menuturkan, kepastian hasil tenaga media yang terpapar corona itu diterimanya pada Sabtu (2/5/2020) setelah hasil swab keluar. Kondisi umum keseluruhan pasien dalam keadaan baik. Seluruhnya kini diisolasi di RS Mardi Rahayu, kecuali tenaga medis dari Semarang yang dirawat di Semarang.

Menurut Andini, tenaga medis di Kudus telah menerapkan protokol penanganan pasien Covid-19. Termasuk pengenaan alat pelindung diri (APD) saat menangani pasien corona.

“Mereka (tenaga medis positif Covid-19) justru tidak bertugas di bagian penanganan pasien Covid-19 langsung. Ini kami sedang melakukan tracking,” tambahnya.

Andini menuturkan, pihaknya sudah melakukan tes swab ke seluruh tenaga medis yang ada di Kudus. Dari tenaga medis yang bekerja di rumah sakit maupun di puskesmas semuanya dites.

“Kami masih menunggu hasilnya. Untuk jumlah saya tidak hafal. Semoga keseluruhan negatif,” tuturnya

Dengan penambahan 10 kasus baru ini, jumlah pasien positif covid-19 di Kudus menjadi 37 orang. Sebanyak 24 pasien di antaranya dari dalam wilayah dan 13 pasien dari luar wilayah. Secara rinci, 27 pasien sedang dirawat, lima pasien dinyatakan sembuh dan lima meninggal.

Editor: Suwoko

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER