31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Hobi Kustom Motor Mini yang Justru Jadi Peluang Bisnis Bagi Misbah

BETANEWS.ID, KUDUS – Sebuah motor berukuran mini tampak di depan toko di Desa Winong, RT 02 RW 06, Kecamatan Kaliwungu, Kudus. Motor mini tersebut adalah motor kustom jenis Honda Gorilla. Seorang pria mengenakan kaus lengan panjang berwarna coklat terlihat keluar dari toko tersebut. Dia adalah Misbahun Najib (24), pemilik motor tersebut.

Sambil menyalakan motor mini itu, dia berbagi cerita kepada betanews.id tentang motor tersebut. Bermula dari hobinya membuat kustom motor mini, sekarang dia menggeluti bisnis jual beli motor kustom. Meski kecil, motor kustom itu dibanderol dengan harga tinggi.

Kustom motor mini buatan Misbahun Najib. Foto : Ahmad Rosyidi

Baca juga : Berawal dari Hobi, Kini Kustom Motor jadi Ladang Rezeki Bagi Juned

-Advertisement-

“Untuk yang jenis ini, kustom model Honda Gorilla, harganya mulai Rp 15 juta hingga Rp 20 juta. Saya pasang harga sesuai kualitas spare part yang saya gunakan. Yang ini saya gunakan yang bagus, dan saya desain untuk boncengan,” papar Misbah sapaan akrabnya, Kamis (28/5/2020).

Dia mulai tertarik membuat kustom motor mini sejak akhir tahun 2017. Karena banyak yang minat hasil kustom buatannya, Misbah kemudian menangkap peluang untuk berbisnis. Untuk harga, dia jual mulai Rp 8 juta hingga Rp 20 juta.

“Biasanya saya sesuaikan dengan dana pemesan. Jika ingin bagus dan ada dananya, saya carikan bahan spare part dari luar negeri. Kalau anggarannya tidak banyak, ya saya sarankan menggunakan bahan lokal saja,” terang anak kedua dari tiga bersaudara itu.

Untuk mesin yang dia gunakan, biasanya menggunakan motor bekas mulai 100 cc hingga 125 cc. Proses pembuatannya, membutuhkan waktu satu bulan hingga satu setengah bulan. Hal yang paling lama adalah proses bubutnya, karena antrean bisa menunggu hingga dua pekan.

Baca juga : Nabila Vespa Kudus, Showroom Vespa Second yang Bisa Jadi Jujugan Penggemar Skuter

“Saya memilih tukang bubut yang berpengalaman, jadi antre lama. Motor kustom jenis Honda Gorilla yang tersedia saat ini menggunakan mesin Honda Kirana 125. Bisa boncengan dan kuat mengangkut beban sekitar 200 Kilogram. Jika ada yang minat ini saya jual Rp 20 juta, atau pesan juga bisa,” jelasnya.

Seperti tangki, kerangka, jok, spakbor, knalpot, biasanya dia ambil dari Bandung. Sedangkan untuk stang, lampu, shock, piringan cakram, kaliper, dia impor. “Jadi banyak pilihan, menyesuaikan dana yang pesan,” tutup Wakil Ketua Komunitas Motor Mini Kudus (Miniku) itu.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER