31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Djarum Sumbang Alat Tes Swab ke Pemkab Kudus, Hasil Keluar dalam Satu Hari

Plt Bupati KUdus HM Hartopo sedang melakukan kunjungan ke RSUD dr Loekmono Hadi. Foto: Ist.

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan memiliki alat Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang digunakan untuk tes swab Covid-19. Alat sumbangan PT Djarum itu rencananya akan datang minggu depan.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kudus dr Andini Aridewi mengatakan, untuk melakukan tes swab, pihaknya membutuhkan alat RT-PCR. Alat tersebut berfungsi untuk mengetahui pasien terkonfirmasi positif atau negatif Covid-19.

Selama ini, pihaknya harus melakukan tes swab di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) di Jakarta, Rumah Sakit Nasional Diponegoro Semarang, BBTKLPP Yogyakarta dan B2P2VRP Salatiga. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk menunggu hasil swab yakni lima sampai tujuh hari.

“Rencana kita akan punya sendiri. Alat tersebut pemberian dari PT Djarum,” ungkapnya Kamis, (7/5/2020).

Baca juga: Ganjar Minta Tes PCR Diprioritaskan pada Tenaga Kesehatan RS Mardi Rahayu

Andini menyebutkan, alat tersebut berjumlah satu buah yang akan difungsikan di RSUD dr Loekmono Hadi Kudus. Rencananya, alat tes swab itu akan tiba di Kudus minggu depan.

Dengan adanya alat RT-PCR, kata Andini, pihaknya dapat mengetahui pasien terkonfirmasi positif atau negatif hanya dalam satu hari saja. Selain itu, kapasitas perhari yakni 90 swab.

“Tentu dengan adanya alat ini akan sangat membantu. Waktu untuk mengetahui hasilnya pun lebih cepat,” ungkapnya.

Menurut Andini, alat RT-PCR yang akan digunakan di Kudus bermerek Bio-Rad. Perusahaan yang memproduksi alat tersebut yakni Bio-Rad Laboratories, Inc yang memiliki kantor pusat di Amerika Serikat.

Mengenai harga, situs resmi www.bio-rad.com tidak menampilkan secara detail. Tertulis barang terbatas dan harus konfirmasi dulu untuk membeli.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 di Kudus Bertambah 3, Kini Total Ada 40 Pasien

Sebelumnya, Plt Bupati Kudus HM Hartopo sudah melakukan pengecekan tempat yang akan digunakan untuk menaruh alat RT-PCR, selasa (5/5) kemarin. Alat tersebut akan difungsikan di RSUD dr Loekmono Hadi Kudus.

Dengan adanya alat tersebut, kata Hartopo, sampel lendir untuk keperluan tes swab tidak lagi dikirim ke laboratorium di luar Kabupaten Kudus. Pihaknya sudah dapat melakukan tes secara mandiri.

“Hasilnya lebih akurat dan bisa memangkas waktu,” jelasnya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian PT Djarum yang telah mendonasikan alat RT-PCR. “Bantuan yang diberikan sangat membantu untuk penanganan Covid-19,” tukas Hartopo.

Editor: Ahmad Muhlisin

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER