31 C
Kudus
Kamis, Mei 28, 2020
Beranda Business Berawal dari Hobi,...

Berawal dari Hobi, Kini Ida Bisa Jual Seribuan Kaktus dalam Sepekan

BETANEWS.ID, KUDUS – Di pelataran rumah bercat putih yang berada di Desa Getaspejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus terlihat ribuan pot dengan aneka macam jenis kaktus. Di antara tanaman, duduk dua orang pria dan seorang perempuan sedang merawat tumbuhan berduri tersebut. Tak lama berselang, datang perempuan berhijab ikut membantu. Perempuan itu yakni Noor Hidayati, pemilik Kakaktus.kudus.

Perempuan yang akrab disapa Ida itu mengatakan, ide bisnis ini berawal dari hobi suaminya yang punya sekitar 200 pot kaktus. Mereka kemudian mulai berjualan kaktus sejak Oktober 2019, saat ada ekspo di Graha Mustika yang berada di desanya.

Berbagai jenis kaktus yang dijual di Kakaktus.kudus. Foto: Rabu Sipan.

“Saat suamiku akan ikut ekspo itu, saya sempat tanya barang apa yang akan kita jual. Pas dijawab kaktus, saya ragu apakah ada yang minat,” cerita Ida saat ditemui, Rabu (13/5/2020).

Meski ragu, lanjutnya, sebagai seorang istri, ia pun tetap mendukung dan ikut jualan di stand ekspo. Karena Ida sadar, saat itu tanaman kaktus belum populer di Kudus.

“Tak disangka, ternyata setelah dipajang. Banyak para pengunjung yang datang ke stand kami. Bahkan kaktus koleksi suamiku laris dibeli para pengunjung,” ujarnya.

Baca juga: Sediakan Aneka Bibit Anggur Unggulan, Aan Punya Pelanggan dari Seantero Nusantara

Sejak itu, ia bersama suaminya pun rajin memasarkan tanaman kaktus. Di antaranya ikut berdagang di car free day (CFD), dan rutin ikut CFD di Perumahan Muria Indah Kudus setiap tiga pekan sekali.

“Setiap CFD itu penjualan kaktus kami lumayan bagus. Bahkan kami bisa mendapatkan uang Rp 600 ribu hingga Rp 1,6 juta sehari,” ujarnya sambil menaruh kaktus di kardus.

Perempuan yang sudah dikaruniai dua anak itu mengungkapkan, kakaktus.kudus menyediakan aneka jenis kaktus dan sukulen. Kaktus yang dijualnya kini ada ribuan pot, dengan berbagai jenis kaktus. Di antaranya kaktus mikcey mouse, kaktus otak, echeveria, black pink, lidah mertua mini, golden barrel dan masih banyak jenis lainnya.

Aneka jenis kaktus tersebut, tambahnya, didatangkan dari daerah Jawa Barat. Sedangkan untuk harga dia banderol bervariasi, mulai Rp 6 ribu hingga Rp 100 ribu.

“Itu untuk harga kaktus yang ready di sini ya. Kalau kaktus yang harganya di atas Rp 100 ribu, kami hanya melayani pesanan saja,” ungkapnya.

Baca juga: Melihat Proses Pengasapan Ikan di Doropayung Pati

Dia mengungkapkan, setiap kali mendatangkan tanaman berduri itu bisa ribuan pot kaktus. Jumlahnya antara 1.400 hingga 2.000 kaktus yang biasanya habis dalam dua pekan.

Selain dipajang di depan rumahnya, dia juga memasarkan kaktusnya lewat daring. Pelanggannya meliputi Karesidenan Pati, Demak, Semarang, dan beberapa wilayah Jawa Timur. “Bahkan beberapa kali kita kirim ke pulau seberang,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

23,592FansSuka
13,351PengikutMengikuti
4,305PengikutMengikuti
12,024PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Penjualan Mobil di Bursa Mobil Bekas Kudus Turun Drastis

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi selatan Jalan Dewi Sartika, Desa Singocandi, Kecamatan Kota, Kudus tampak ratusan mobil berjejer rapi. Mobil dengan berbagai...

Kisah Mas’ud, Tukang Pijat yang Sukses Jadi Kades Ploso

BETANEWS.ID, KUDUS - Balai Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, siang itu tampak ramai. Beberapa orang terlihat berbincang-bincang di kursi-kursi yang ditempatkan...

Tak Ingin Berpangku Tangan, Pria Difabel Ini Rintis Usaha Pembuatan Jok

BETANEWS.ID, KUDUS – Di Dukuh Sunten RT 06 RW 05, Desa Lau, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, tampak sebuah bangunan beratap asbes. Di...

Sempat Diremehkan, Budi Daya Jamur Tiram Ali Mustofa Kini Siap Ekspor ke China dan Korea

BETANEWS.ID, PATI - Serbuk kayu bercampur kapur bertaburan di sekitar tempat budi daya jamur tiram milik Ali Mustofa (36) di Desa Ngembes,...

Lahir di Keluarga Sederhana, Haryanto Kecil Harus Cari Rumput untuk Ditukar dengan Nasi

BETANEWS.ID, KUDUS – Di pojok garasi Perusahaan Otobus (PO) Haryanto yang berada di Desa Ngembal Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus tampak sebuah...

Ganjar: New Normal Belum Bisa Diterapkan Dalam Waktu Dekat

BETANEWS.ID, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyatakan new normal atau kenormalan baru belum bisa diterapkan dalam waktu dekat. Syarat...

Kayla, Model Cilik Asal Kudus Go Internasional

BETANEWS.ID, KUDUS – Kawasan Perumahan Muria Indah II, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, tampak cukup lengang siang itu. Tak terkecuali rumah warna hijau,...