31 C
Kudus
Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBISNISBerawal dari Hobi,...

Berawal dari Hobi, Kini Ida Bisa Jual Seribuan Kaktus dalam Sepekan

BETANEWS.ID, KUDUS – Di pelataran rumah bercat putih yang berada di Desa Getaspejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus terlihat ribuan pot dengan aneka macam jenis kaktus. Di antara tanaman, duduk dua orang pria dan seorang perempuan sedang merawat tumbuhan berduri tersebut. Tak lama berselang, datang perempuan berhijab ikut membantu. Perempuan itu yakni Noor Hidayati, pemilik Kakaktus.kudus.

Perempuan yang akrab disapa Ida itu mengatakan, ide bisnis ini berawal dari hobi suaminya yang punya sekitar 200 pot kaktus. Mereka kemudian mulai berjualan kaktus sejak Oktober 2019, saat ada ekspo di Graha Mustika yang berada di desanya.

Berbagai jenis kaktus yang dijual di Kakaktus.kudus. Foto: Rabu Sipan.

“Saat suamiku akan ikut ekspo itu, saya sempat tanya barang apa yang akan kita jual. Pas dijawab kaktus, saya ragu apakah ada yang minat,” cerita Ida saat ditemui, Rabu (13/5/2020).

- Ads Banner -

Meski ragu, lanjutnya, sebagai seorang istri, ia pun tetap mendukung dan ikut jualan di stand ekspo. Karena Ida sadar, saat itu tanaman kaktus belum populer di Kudus.

“Tak disangka, ternyata setelah dipajang. Banyak para pengunjung yang datang ke stand kami. Bahkan kaktus koleksi suamiku laris dibeli para pengunjung,” ujarnya.

Baca juga: Sediakan Aneka Bibit Anggur Unggulan, Aan Punya Pelanggan dari Seantero Nusantara

Sejak itu, ia bersama suaminya pun rajin memasarkan tanaman kaktus. Di antaranya ikut berdagang di car free day (CFD), dan rutin ikut CFD di Perumahan Muria Indah Kudus setiap tiga pekan sekali.

“Setiap CFD itu penjualan kaktus kami lumayan bagus. Bahkan kami bisa mendapatkan uang Rp 600 ribu hingga Rp 1,6 juta sehari,” ujarnya sambil menaruh kaktus di kardus.

Perempuan yang sudah dikaruniai dua anak itu mengungkapkan, kakaktus.kudus menyediakan aneka jenis kaktus dan sukulen. Kaktus yang dijualnya kini ada ribuan pot, dengan berbagai jenis kaktus. Di antaranya kaktus mikcey mouse, kaktus otak, echeveria, black pink, lidah mertua mini, golden barrel dan masih banyak jenis lainnya.

Aneka jenis kaktus tersebut, tambahnya, didatangkan dari daerah Jawa Barat. Sedangkan untuk harga dia banderol bervariasi, mulai Rp 6 ribu hingga Rp 100 ribu.

“Itu untuk harga kaktus yang ready di sini ya. Kalau kaktus yang harganya di atas Rp 100 ribu, kami hanya melayani pesanan saja,” ungkapnya.

Baca juga: Melihat Proses Pengasapan Ikan di Doropayung Pati

Dia mengungkapkan, setiap kali mendatangkan tanaman berduri itu bisa ribuan pot kaktus. Jumlahnya antara 1.400 hingga 2.000 kaktus yang biasanya habis dalam dua pekan.

Selain dipajang di depan rumahnya, dia juga memasarkan kaktusnya lewat daring. Pelanggannya meliputi Karesidenan Pati, Demak, Semarang, dan beberapa wilayah Jawa Timur. “Bahkan beberapa kali kita kirim ke pulau seberang,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler