31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKUDUS535 Nasabah BPR...

535 Nasabah BPR BKK Kudus Ajukan Restrukturisasi Kredit, 159 Disetujui

BETANEWS.ID, KUDUS – Sejumlah 535 nasabah Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Kecamatan (BPR BKK) Kudus telah mengajukan restrukturisasi kredit yang nilainya mencapai Rp 13,4 miliyar, terhitung hingga Selasa (19/5/2020). Pengajuan ini banyak disebabkan adanya pandemi Covid-19.

Direktur Utama PD BPR BKK Kudus Noor Mastiko menuturkan, pihaknya sangat selektif dalam melakukan restrukturisasi kredit, sehingga tidak semua pengajuan disetujui.

“Jika sebelum adanya Covid-19 angsurannya sudah macet, maka pengajuan penangguhan atau keringanan kreditnya tidak wajar. Ini yang perlu diwaspadai,” ungkapnya saat menyerahkan bantuan sembako di Pendopo Kabupaten Kudus, Selasa (19/5/2020).

- Ads Banner -

Menurutnya, dari total 535 nasabah yang mengajukan penangguhan dan keringanan, pihaknya sudah menyetujui 159 nasabah. Hal itu sudah sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) tentang restrukturisasi dan relaksasi kredit.

“Yang diberikan kepada nasabah variatif. Ada penangguhan pokok utang, ada juga perpanjang tenor. Kondisi tersebut menyesuaikan nasabah,” jelasnya.

Baca juga: Bantu Warga Terdampak Covid-19, BPR BKK Kudus Sumbang 1.000 Sembako

Selain itu, banyak juga dari nasabah yang tidak mengajukan restrukturisasi kredit. Hal tersebut dikarenakan nasabah masih mampu membayar kredit.

“Walau di tengah pandemi Covid-19 masih banyak nasabah yang mau membayar,” tuturnya.

Noor Mastiko menuturkan, dalam masa pandemi ini, pihaknya bisa menjaga likuiditas perbankan tetap aman. Namun, penyaluran kredit dan dana pihak ketiga (DPK) hingga akhir tahun 2020 diprediksi menurun.

“Penyaluran kredit dari target kredit semula Rp 9 miliar sampai Rp 10 miliar per bulan, kini hanya sekitar Rp 4 miliar per bulan. Penurunan sebesar 50 persen dari kondisi normal,” jelasnya.

Baca juga: Pemkab Kudus Gratiskan Retribusi Pasar Selama Tiga Bulan

Sedangkan untuk DPK, dari target Rp 20 miliar, diprediksi akan terpenuhi Rp 15 miliar. Jadi terdapat penurunan Rp 5 miliar.

“Dari bulan Januari hingga April 2020 pengumpulan dana nasabah meningkat. Namun bulan Mei 2020 mengalami penurunan. Sebulan kira-kira Rp 1,8 miliar,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler