31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Baru Rilis, Peci dari Karung Goni ini Laris Manis di Pasaran

BETANEWS.ID, KUDUS – Marwoto (29) tak menyangka, peci daur ulang dari karung goni yang baru diproduksinya bulan lalu, laris manis di pasaran. Padahal, ide awal pembuatannya hanya untuk ikut memeriahkan Perayaan Ta’sis (pendirian) Masjid Al Aqsha Menara Kudus, Maret kemarin.

Pemilik MWT Brand for Domestik Craft itu menyampaikan, saat dilepas ke pasaran, ternyata produknya dapat sambutan yang bagus. Bahkan sejak pertengahan Maret hingga saat ini, dia mampu menjual peci sekitar 500 buah, dengan harga Rp 20 ribu untuk grosir dan Rp 30 ribu untuk harga ecer.

Salah satu pegawai di MWT Brand for Domestik Craft sedang menyiapkan bahan karung goni untuk dijadikan peci. Foto: Rabu Sipan.

“Selain peci, kami juga membuat tote bag dan tas sekolah dari bahan yang sama,” bebernya saat ditemui, Senin (30/3/2020).

-Advertisement-

Warga Desa Padurenan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus itu kemudian menjelaskan, pemanfaatan karung goni menjadi berbagai produk daur ulang ini juga cukup mudah. Yang penting, harus jeli memilih bahan yang kuat agar bisa dipakai dalam waktu lama.

“Karung goni itu kan ada serabutnya. Untuk menghilangkannya harus ada proses pembakaran. Setelah ada pembakaran, kemudian peci, tote bag serta tas dari karung goni bisa dikemas,” jelas Marwoto.

Menurut alumni Madrasah Qudsiah itu, peminat produk kerajinan dari karung goni ini lumayan banyak. Selain dari Kudus, permintaan juga datang dari berbagai daerah, mulai dari Yogyakarta, Semarang, Tulungagung, Jakarta dan lain-lain.

Baca juga: Produksi Masker, Abyadl Konveksi Tidak Ada Niatan Cari Untung dari Pandemi Corona

Makanya ia punya harapan, kelak produknya itu tidak hanya membanjiri pasar nasional saja, tapi juga mampu menembus pasar internasional.

“Saya berharap, khususnya tote bag, kelak tidak hanya diminati orang dalam negeri saja, tapi juga diminati orang luar negeri. Sehingga kami bisa ekspor,” tukas Marwoto.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER