31 C
Kudus
Jumat, Juni 21, 2024

Ide Bisnis Bisa Muncul dari Mana Saja, Seperti Indah yang Mendirikan Genius Baby Rent Karena . . .

SEPUTARKUDUS.COM, MLATI LOR – Sejumlah mainan anak terlihat di ruko di tepi Jalan Pramuka, Desa Mlati Lor, Kecamatan Kota, Kudus. Tampak seorang perempuan sedang menulis di meja dekat tangga, dengan sejumlah mainan dan pakain anak terlihat di sampingnya. Perempuan itu adalah Indah Wulandari (33), pemilik Genius Baby Rent, tempat penyewakan perlengkapan bayi dan anak di Kudus.

Indah sapaan akrabnya, sudi berbagi kepada Seputarkudus.com tentang usaha persewaan perlengkapan bayi dan anak tersebut. Usaha itu bermula dari mainan anaknya yang sering dipinjam teman. Dari itu dirinya menemukan ide untuk membuka usaha yang sudah dijalankannya selama lima tahun terakhir ini. Dia merasa pertumbuhan bayi cukup cepat, dan alat yang digunakan juga akan cepat berganti.

“Saya merasakan sendiri, seperti anak saya yang mudah bosan dengan mainannya. Jadi dari mainan anak saya yang dipinjam teman, saya menemukan ide untuk membuka tempat penyewaan perlengkapan bayi dan mainan anak ini,” tutur ibu tiga anak itu.

-Advertisement-

Dia juga mengatakan,sekitar enam bulan ini dia membuka persewaan peralatan bayi dan anak di Melati Lor. Sebelumnya Indah membuka usahanya selama kurang lebih lima tahun di Desa Burian, Kota, Kudus. Barang-barang yang disewakannya dia beli dari Jakarta dan Batam. Kadang dia juga mendapat pesanan perosotan untuk mainan anak-anak di taman kanak-kanan (TK) dan pendidikan anak usia dini (PAUD).

Sambil menunjukkan mainan anak-anak yang dia sewakan, Indah merinci harga sewa per bulan mainan di Genius Baby Rent. untuk mainan stroller dia sewakan seharga Rp 60 ribu hingga Rp 200 ribu, boks bayi Rp 85 ribu hingga Rp 125 ribu, highchair Rp 50 ribu hingga Rp 80 ribu, sepeda roda tiga untuk usia satu hingga tiga tahun disewakan Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu, carseat Rp 80 ribu hingga Rp 150 ribu.

“Ada juga mainan anak-anak untuk balita usia dua hingga lima tahun Rp 30 ribu hingga Rp 300 ribu. Harga sewa ini sesuai jenis mainan dan berapa lama sewanya. Karena untuk mainan kami juga menyewakan sepekan dan satu bulan. Kami juga menjual pakaian anak yang harganya sekitar Rp 50 ribu. Tapi ini hanya untuk sampingan, karena fokus saya menyewakan perlengkapan bayi dan anak,” jelas perempuan kelahiran Semarang itu.

Meski tempat usahanya sudah pindah, Indah juga mengaku masih kedatangan pelanggan-pelanggan lamanya. Pada hari-hari biasa Genius Baby Rent yang buka mulai pukul 9.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Pada hari biasa sekitar kurang lebih lima pelanggan datang untuk menyewa. Berbeda saat weekend, pelanggan yang datang bisa mecapai 15 orang per hari. 

“Sedangkan untuk hari-hari besar, Natal, tahun baru, atau Lebaran bisa lebih ramai lagi. Jadi perlu pesan terlebih dahulu sebelum menyewa,” ujarnya.

Dari hasil menyewakan perlengkapan bayi dan anak, omzet Indah dalam satu bulan sekitar Rp 6 juta hingga Rp 8 juta. Dia juga berencana menambah stroller dan baby box karena lebih sering disewa pelanggan. Selain itu Indah juga ingin menambah mainan anak dan membuka paket sewa mainan untuk ulang tahun yang hitungannya per hari.

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER