31 C
Kudus
Kamis, Desember 1, 2022
BerandaKUDUSMahasiswa Pertanian UMK...

Mahasiswa Pertanian UMK Kenalkan Hidroponik, Sistem Tanam Simpel dan Sehat

SEPUTARKUDUS.COM, UMK – Sejumlah orang tampak berkerumun di satu stan Expo UMK 2016, Jumat (3/6/2016). Stan tersebut dipenuhi sayuran hijau yang tumbuh di permukaan pipa PVC. Mereka tampak asyik mengamati, dan pemilik stan memberikan penjelasan kepada pengunjung tentang sistem tanam hidroponik. Stan tersebut milik mahasiswa Fakultas Pertanian UMK, yang tergabung dalam Hidroponikku Group Corporation (HGC). 

tanaman hidroponik UMK
Mahasiswa Fakultas Pertanian UMK membukan stan sayuran menggunakan sistem tanam hidroponik pada Expo UMK 2016. Foto: Prabu Sipan

Ketua HGC Ari Candra (20), sore itu, tampak bersemangat memberikan penjelasan pada pengunjung yang datang ke pojok tenggara lokasi ekspo dimana tempat stan mereka berada. Dia juga menunjukkan pada pengunjung sejumlah tumpuk jamur tiram yang tumbuh di serpihan kayu bekas gergaji yang terbungkus plastik.

Kepada Seputarkudus.com, Ari menjelaskan, keikutsertaannya dalam kegiatan Dies Natalis ke-36 UMK tersebut, sebagai upaya agar masyarakat lebih mengenal sistem tanam hidropinik. Selain tidak membutuhkan lahan yang luas dan bisa lebih cepat, sayuran hidropinik lebih sehat.

- Ads Banner -

“Keunggulan dari sistem tanam hidroponik itu di antaranya tidak memerlukan lahan yang luas, karena tanamnya yang tidak memerlukan tanah jadi bisa tanam secara bertingkat. Pertumbuhan tanamannya bisa lebih cepat, serta yang penting lebih sehat untuk dikonsumsi,” ujar mahasiswa semester empat tersebut.

Ari mengatakan, selain keunggulan tersebut, bercocok tanam secara hidroponik tidak mengenal iklim. Tanaman yang semestinya di tanam di daerah dingin tetap akan tumbuh dan berkembang meskipun ditanam di daerah panas.

HGC, kata Ari, memiliki tempat pembibitan, penyuluhan, serta penanaman, di Desa Dersalam, Kecamatan Bae, yang tidak jauh dari kampus. HGC yang dibentuk pada Desember 2015 itu sudah menanam beberapa sayuran secara hidroponik, disantaranya, sawi, selada, pagoda, jamur tiram dan lain sebagainya.

“ Untuk hasil dari sayuran yang kami tanam, sementara ini masih dikonsumsi anggota HGC, belum dijual keluar. Tapi, untuk masyarakat yang ingin mencoba menanam sayuran secara hidroponik bisa membeli dari HGC. Satu paket tanam hidroponik seharga Rp 50 ribu, terdiri dari seteorofom 40×40 sentimeter yang bisa ditanami 12 tanaman, biji sayuran, serta nutrisi tanaman,” ujar pria asal Jepara tersebut.  

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler