31 C
Kudus
Sabtu, Juni 15, 2024

Lelaki Tua Ini Sempoyongan Berjalan Kaki Belasan Kilometer Menjual Kemoceng

SEPUTARKUDUS.COM, DANDANGAN – Lelaki tua berkaus biru berjalan sempoyongan menyusuri deretan stan-stan Dandangan, Jalan Sunan Kudus. Di pundak dan tangannya terdapat beberapa kemoceng. Sesekali dia beristirahat  di stan pedagang yang masih kosong untuk sekadar melepas lelah. Tasrikan (90), pria asal Welahan, Jepara, itu harus berjalan kaki belasan kilometer tiap hari hanya untuk menjual kemoceng yang dibawanya.  

penjual kemoceng
Tasrikan (90), beristirahat di bawah tenda stan Dandangan, Jalan Sunan Kudus. Tiap hari dia harus berjalan kaki belasan kilometer untuk menjual kemoceng. Foto: Rabu Sipan

Dia bercerita, dirinya naik angkot dari Jepara hingga di Desa Jember, Kecamatan Kota. Dari Jember dia berjalan kaki untuk menjajakan kemoceng yang dijual. Kebetulan, saat ini digelar tradisi Dandangan. Dia menawarkan kemoceng kepada pengunjung yang datang di acara tersebut.

“Sudah keliling-keliling dari tadi pagi, tapi baru laku dua,” uajar Tasrikan sambil memijit-mijit kakinya saat istirahat di bawah tenda stan Dandangan, Senin (30/5/2016). 

-Advertisement-

Tasrikan membuat sendiri kemoceng-kemoceng itu. Biasanya dia berjualan keliling di wilayah Jepara. Karena saat ini ada tradisi Dandangan, dia datang ke Kudus. Dia sengaja datang siang hari, karena even tersebut mulai ramai saat sore dan malam.

“Aku sengaja datang siang soalnya Dandangan kan ramainya sore dan malam. Tetapi aku jualannya tidak sampai malam, paling sampai pukul 17.00, “ kata Tasrikan kepada Seputarkudus.com

Tasrikan mengatakan, ada yang terjual atau tidak kemoceng yang dia bawa, dia tetap pulang ke Welahan. Karena di Kudus tidak dirinya tak memiliki kerabat, jadi tidak ada tempat untuk menginap.

Tasrikan menjual kemoceng dengan harga Rp 10 ribu dan Rp 20 ribu, tergantung panjang atau pendek gagang kemoceng. “Aku berharap ada pedagang yang mau memborong atau menampung kemoceng saya, supaya tidak berjualan keliling lagi,” katanya penuh harap.

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER