31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKUDUSInilah Kampung dan...

Inilah Kampung dan Desa di Kudus yang Memiliki Nama Unik

SEPUTARKUDUS – Kudus merupakan kabupaten terkecil di Jawa Tengah. Kota Kretek ini memiliki wilayah sempit, jika dibanding dengan kabupaten lain. Begitu juga luas perdesaan yang terbilang kecil dibanding desa di daerah lainnya. Meski begitu, desa-desa dan kampung di Kudus memiliki nama-nama unik, yang tak akan mudah dilupa oleh masyarakat luar daerah yang datang ke Kudus.

waduk wilalung desa kalirejo undaan kudus
Waduk Babalan Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. (Foto: Seputarkudus.com)

Babalan 

Babalan atau masyarakat setempat menyebutnya Mbabalan, merupakan sebutan lain sebuah desa di Kecamatan Undaan, Kalirejo. Masyarakat di Undaan lebih mengenal nama Babalan ketimbang nama resmi desa tersebut. Bahkan, trayek bus dari desa tersebut ke Kudus kota tidak tertulis jurusan Kalirejo-Kudus, melainkan Babalan-Kudus.

- Ads Banner -

Di desa tersebut terdapat lapangan sepak bola legendaris bagi masyarakat di Undaan. Lapangan tersebut dulu sering digunakan untuk pertandingan sepak bola dan acara-acara besar lainnya. Mungkin karena itulah desa tersebut memiliki sebutan Babalan. Di desa Kalirejo juga terdapat waduk peninggalan pemerintahan kolonial, yakni Waduk Babalan atau juga sering disebut Waduk Wilalung. 

angkutan umum kudus bareng
Angkutan umum jursan Terminal Kudus – Sub Terminal Bareng. (Foto: Seputarkudus.com)

Bareng  

Bareng merupakan sebuah dukuh di Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo. Meski hanya nama dukuh, namun kata tersebut lebih dikenal masyarakat. Misalnya saja, pondok pesantren dan trayek angkutan umum. Masyarakat sangat mengenal istilah pondok Bareng dan trayek angkutan umum jurusan Terminal Kudus – Subterminal Bareng.

Dalam berbagai referensi, kata bareng muncul karena di Desa Hadipolo dulu terdapat tempat pemberhentian penumpang kereta api. Banyak santri luar kota yang turun dari kereta mengatakan kata bareng kepada santri lainnya untuk menuju ke pondok. Ada juga referensi lain yang menyebutkan, bareng berasal dari kata Mbahareng, empu pembuat keris di desa tersebut. 

taman kencing jati wetan kudus
Pembangunan taman kota di Perempatan Kencing Desa Jati Wetan, Kudus. (Foto: Seputarkudus.com)

Kencing

Sebuah dukuh di Desa Jati Wetan ini memiliki nama yang sangat unik, yakni Kencing. Dalam Bahasa Indonesia kata tersebut bermakna buang air kecil. Kata Kencing sering disebut masyarakat Kudus sebagai penanda kawasan. Masyarakat lebih mengenal Kencing sebagai kawasan ketimbang nama dukuh. Beberapa kata kawasan yang sering menyertai kata kencing di antaranya Perempatan Kencing dan (jalan) Lingkar Kencing.

Bae 

Kata Bae merupakan nama sebuah desa dan sekaligus kecamatan di Kudus. Nama ini sangat unik karena memiliki pengucapan yang mirip dengan kata mbahe atau dalam Bahasa Indonesia berarti kakek/neneknya. Keunikan lain, nama ini hanya memiliki tiga huruf saja, B-A-E. 

gapura desa kutuk undaan kudua
Gapura Masuk Desa Kutuk, Kecamatan Undaan, Kudus.

Kutuk

Kutuk merupakan sebuah desa di ujung tenggara Kabupaten Kudus dan memisahkan Kota Kretek dengan Kabupaten Pati di Kecamatan Sukolilo. Desa Kutuk masuk dalam Kecamatan Undaan. Nama desa ini sangat unik, karena bermakna anak ayam.

Kirig 

Kirig merupakan desa berada di wilayah Kecamatan Mejobo. Nama desa yang sangat unik ini sangat dikenal masyarakat Kudus. Kenapa unik, karena pelafalan kata kirig hampir mirip dengan kata kirik, yang berarti anak anjing. Jangan salah menyebutnya ya, karena artinya akan sangat berbeda.
   

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler