31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKUDUSWow, Gerbang Kudus...

Wow, Gerbang Kudus Kota Kretek Bertabur Cahaya Malam Hari

SEPUTARKUDUS.COM – Bangunan Gerbang Kudus Kota Kretek telah selesai dibangun. Kemegahan bangunan senilai Rp 16 miliar itu, kini banyak didatangi masyarakat, tidak hanya dari Kudus, namun juga sejumlah daerah. Tak hanya kemegahannya, replika daun tembakau yang bertabur warna-warni cahaya itu juga menyedot pengguna jalan, untuk menikmati keindahannya. Mereka rela menyempatkan waktu untuk berfoto di gerbang kota itu, atau sekedar menyaksikan gemerlap lampu yang memancar.

Cahaya warna-warni yang memancar  dari Gerbang Kudus Kota Kretek dari lampu yang berada di 100 tulangan terbuat dari stainless steel menyerupai daun tembakau. Cahaya dari lampu kemudian dipantulkan pada permukaan logam stainless yang berkilau. Sebanyak 50 tulangan tersebut terdapat pada sisi kiri bangunan, sedangkan 50 tulangan terdapat di sebelah kanan.

- Ads Banner -

seputarkudus-gerbang-kudus-kota-kretek
Bangunan Gerbang Kudus Kota Kretek memancarkan cahaya saat malam hari

Cahaya yang dipancarkan Gerbang Kudus Kota Kretek berwarna-warni. Ada warna merah, kuning, hijau, biru, ungu, dan sebagainya. Gemerlap cahaya dari bangunan yang konon sebagai gerbang kota termegah di Indonesia itu, seakan menjadi oase di kawasan Tanggulangin, yang memisahkan Kabupaten Kudus dengan Kabupaten Demak. 

Gerbang Kudus Kota Kretek merupakan ikon baru yang diciptakan untuk menegaskan Kudus sebagai daerah dikenal sebagai daerah penghasil rokok kretek terbesar di Indonesia. Pembangunan gerbang tersebut diprakarsai peruhaan besar di Kudus, yakni PT Djarum. Setelah pembangunan selesai, pengelolaan bangunan tersebut akan diserahkan pada Pemkab Kudus.

Pemkab, melalui Dinas Cipkataru telah mewacanakan untuk membangun taman di sekitar Gerbang Kudus Kota Kretek. Saat ini pemkab telah menjajaki penggunaan lahan milik PT KAI yang berada di sisi barat gerbang. Taman tersebut nantinya dirancang sebagai ruang terbuka untuk menikmati bangunan gerbang dari seberang jalan. Di lokasi itu, juga akan dibangun area parkir untuk menampung kendaraan pengunjung yang datang. 

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler