31 C
Kudus
Jumat, Juli 19, 2024

Masan Dorong Pemkab Kudus Pakai Data Praja IPDN untuk Atasi Kemiskinan

BETANEWS.ID, KUDUS – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus, H. Masan meminta hasil pendataan Praja Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) jadi acuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus dalam pengentasan kemiskinan dan stunting.

“Data yang didapatkan para Praja IPDN selama magang, akan coba kita sandingkan, agar pengambilan kebijakan dan perencanaan ke depannya bisa tepat,” ujar Masan usai acara pelepasan di Gedung DPRD Kudus, beberapa hari lalu.

Dalam pendataan selama 21 hari itu, Praja IPDN mendapatkan data sebanyak 34.474 kepala keluarga (KK) miskin dengan kategori sangat miskin, miskin, hampir miskin, dan rentan miskin. Untuk stunting, mereka menemukan ada 0,4 persen atau 3.580 bawah lima tahun (balita).

-Advertisement-

Baca juga: DPRD Kudus Sayangkan SiLPA APBD Kudus 2023 yang Mencapai Rp281 M

Data itu berbeda dengan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) Kudus yang menyebut ada 65 ribu jiwa orang hidup dalam kemiskinan pada akhir 2023. Sementara data stunting dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus masih di angka 15,7 persen.

Menurut Masan, data dari Praja IPDN itu tak hanya bisa digunakan untuk program kebijakan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kudus saja, tapi juga lainnya termasuk dari pihak swasta.

“Sebab perusahaan swasta di Kudus beberapa ikut berperan dalam penanganan kemiskinan,” ungkapnya.

Baca juga: Anggota DPRD Kudus Dorong Pemkab Tingkatkan Serapan Anggaran

Sebagai contoh, kata Masan, tahun ini PT Djarum memberikan bantuan perbaikan 180 unit RTLH. Ketika sudah ada data jumlah RTLH yang real, maka Pemkab Kudus tinggal memberikan data tersebut.

“Dengan data tersebut, pengentasan kemiskinan, stunting, dan RTLH di Kudus tak salah sasaran. Ketika datanya pasti, saya yakin obat atau cara penanganannya akan bisa didapatkan, agar masyarakat kita makin sejahtera,” harapnya. (adv)

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER