31 C
Kudus
Sabtu, Juli 13, 2024

Sambut Indonesia Emas 2045, UMK Fokus Siapkan SDM Unggul dan Bermutu

BETANEWS.ID, KUDUS – Universitas Muria Kudus (UMK) akan fokus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan bermutu untuk menyambut Indonesia Emas 2045. Langkah konkret akan dilakukan secara terus menerus, utamanya dari sisi sektoral, seperti sektor jasa dan konsultasi.

Rektor UMK, Darsono, mengatakan, untuk menyikapi perkembangan zaman yang sangat cepat, pihaknya tentu akan melakukan aksi-aksi internal maupun eksternal dengan sangat cepat.

Menurutnya, ledakan ataupun anugerah demografi itu bisa menjadi ancaman dan bisa menjadi peluang. Makanya, sebagai perguruan tinggi, pihaknya akan mengambil peluangnya, sehingga bisa berpartisipasi untuk kemajuan negara.

-Advertisement-

Baca juga: UMK Serahkan Beasiswa Senilai Rp3,97 Miliar kepada 427 Mahasiswa

“Basisnya adalah mutu. Harapannya menjadi tagline bagi semua civitas akademika untuk mengeksekusi tugas masing-masing dengan tema yang sudah ada yaitu Bersinergi untuk Meraih Prestasi, sebagai bukti baktinya UMK untuk Negeri,” bebernya dalam Dies Natalis ke-44 UMK di Auditorium UMK, Rabu (12/6/2024).

Artinya, kata Darsono, bahwa UMK saat ini sudah dikenal secara nasional. Bahkan, pihaknya juga akan mengupayakan agar UMK bisa mengglobal.

“Sehingga baju yang sudah besar itu harusnya disertai dengan tindakan, perilaku, pemikiran, dan orientasi yang besar juga,” ujarnya.

Baca juga: Empat Mahasiswa UMK Raih Medali Emas dalam Ajang WSEEC

Pj Bupati Kudus, Muhamad Hasan Chabibie berharap, UMK terus dapat menghasilkan SDM yang berkualitas, sehingga dalam melakukan hal tersebut, dibutuhkan langkah restopektif.

“Jadi untuk melihat fakta-fakta yang ada di lapangan, bagaimana perkembangan teknologi, data, pemanfaatan artificial intelligence, dan bahkan banyak fenomena hari ini yang bergeser. Ini kan mau tidak mau memberikan efek kepada lembaga pendidikan, hal ini perguruan tinggi untuk melakukan seperti itu. Karena berurusan dengan proses belajar mengajar yang dilakukan di kampus,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER