31 C
Kudus
Kamis, Juli 18, 2024

Jadi Biang Pendangkalan Sungai, Jampisawan Bikin Eceng Gondok jadi Pupuk

BETANEWS.ID, PATI – Eceng gondok menjadi salah satu populasi yang menjadi biang cepatnya pendangkalan Sungai Juwana. Banyaknya populasi eceng gondok tersebut, membuat sekelompok pegiat lingkungan yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Sungai Juwana (Jampisawan) mengambil tindakan.

Mereka pun kemudian membuat terobosan dengan memanfaatkan banyaknya eceng gondok yang ada di sungai menjadi pupuk organik.

Baca Juga: Desa di Kawasan Aliran Sungai Juwana Diharapkan Buat Aturan Terkait Buang Sampah

-Advertisement-

Ari Subekti, salah satu anggota Jampisawan mengatakan, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, katanya disebabkan tiga hal yang mempercepat proses pendangkalan sungai. Yaitu sampah rumah tangga, sampah industri dan sampah pertanian.

“Ketika tiga hal itu bertemu dan terperangkap eceng gondok, maka akan mempercepat proses pendangkalan. Idenya itu sebenarnya mas, ” ujar Ari, Jumat (28/6/2024).

Kemudian katanya, keberadaan tumbuhan air mengambang itu menjadi masalah yang sulit diurai di Sungai Juwana. Keberadaan jutaan populasinya selain mempercepat pendangkalan sungai, juga menghambat mobilitas nelayan kecil yang menangkap ikan.

Menurutnya, keberadaan eceng gondok ini, juga sering nyangkut di baling-baling perahu yang membuat baling-baling tersebut patah. Sehingga, nelayan batal untuk melaut akibat hal itu.

“Kedua hal itu, kemudian kami memiliki ide untuk membuat eceng gondok ini menjadi pupuk. Kenapa pilih pupuk, karena cakupannya lebih banyak dibandingkan dengan yang lainnya, misalnya kerajinan atau lainnya,” ungkapnya.

Meski begitu, pembuatan pupuk dari eceng gondok menjadi pupuk tersebut, kalau hanya dilakukan oleh Jampisawan, menurutnya juga tidak berdampak signifikan. Untuk itu, ia berharap, yang dilakukan komunitasnya itu bisa memberikan contoh kepada pemerintah.

Baca Juga: Keberadaan Bendung Karet Sungai Juwana Dikhawatirkan Percepat Pendangkalan

Dengan begitu, harapannya desa-desa yang berada di hulu Sungai Juwana diberikan pendidikan. Akhirnya, nantinya terdapat unit-unit kecil pengolahan eceng gondok menjadi pupuk organik.

Dengan begitu, menurutnya, selain akan bisa mengurangi penggunaan pupuk kimia, nantinya juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER