31 C
Kudus
Sabtu, Juli 20, 2024

Desa di Kawasan Aliran Sungai Juwana Diharapkan Buat Aturan Terkait Buang Sampah

BETANEWS.ID, PATI – Desa-desa yang berada di kawasan aliran Sungai Juwana, diharapkan membuat aturan terkait larangan buang sampah di sungai. Hal itu untuk meminimalkan banyaknya sampah rumah tangga yang dibuang ke sungai.

Sunhadi, Ketua Jaringan Masyarakat Peduli Sungai Juwana (Jampisawan) menyampaikan, banyaknya sampah rumah tangga yang dibuang ke aliran Sungai Juwana membuatnya cukup miris. Sebab, jika hal tersebut tidak mendapatkan perhatian serius, akan menjadi salah satu faktor pendangkalan sungai.

Baca Juga: Keberadaan Bendung Karet Sungai Juwana Dikhawatirkan Percepat Pendangkalan

-Advertisement-

“Harapan saya, yang terhormat pemerintahan desa yang berada di aliran Sungai Juwana, bisa membuat aturan, yang kaitannya dengan buang sampah,” ujar Sunhadi, Kamis (27/6/2024).

Terkait dengan sampah, ia pun berharap kepada masyarakat, agar memiliki kesadaran. Bahwa, sungai juga harus dirawat, karena sungai juga merupakan bagian dari kehidupan.

Untuk itu, menurutnya sangat penting adanya penekanan pendidikan kepada masyarakat. Sehingga, secara perlahan masyarakat punya kesadaran terkait dengan menjaga lingkungannya.

Sunhadi berharap, dalam hal ini Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana untuk bisa menyosialisasikan pentingnya menjaga sungai. Pihaknya, mengaku siap untuk memfasilitasi terkait dengan sosialisasi tersebut.

“Jadi, jangan hanya sosialisasi ini sampai kepada pemangku jabatan di tingkat desa saja, namun juga bisa menyeluruh kepada lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Ia menyebut, sampah-sampan rumah tangga, seperti halnya pampers, kasur, cukup sering ditemukan di aliran Sungai Juwana.

Baca Juga: Ditanya Soal Kades Deklarasi Dukung Bacalon, Pj Bupati Pati: ‘Yo Komentari Njenengan Dewe Ah’

“Orang-orang itu lebih praktis membuang sampah ke sungai. Saya khawatir, kalau ini ditangani secara serius akan mempercepat pendangkalan, apalagi ditambah dengan eceng gondok yang banyak sekali,” imbuhnya.

Kemudian, terkait dengan pendangkalan sungai, menurutnya terhitung sangat cepat. Sepanjang pengamatannya dalam satu tahun terakhir ini, tingkat sedimentasi mencapai 50 centimeter.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER