31 C
Kudus
Selasa, Juli 16, 2024

Elektabilitas Jadi Alasan Hanura Beri Rekom Sam’ani-Bellinda di Pilkada Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Partai Hanura resmi memberikan rekomendasi kepada Sam’ani Intakoris dan Bellinda Putri Sabrina Birton sebagai calon bupati dan calon wakil bupati Kudus pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Surat rekomendasi diberikan langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Jawa Tengah, Bambang Raya, Senin (24/6/2024) sore.

Ketua penjaringan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Kudus, Sa’diyanto, mengungkapkan, rekomendasi itu bersifat penugasan. Partai meminta Sam’ani menjalin komunikasi dengan partai lain untuk memenuhi syarat dukungan.

Baca juga: Ketua Nasdem Kudus Sebut PKB dan 4 Partai Lain Akan Usung Sam’ani-Bellinda

-Advertisement-

Pria yang juga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus tersebut mengungkapkan, dari sekian banyak bakal cabup dan cawabup yang ikut penjaringan DPC Hanura, pihaknya mengerucutkan ke tiga nama, yaitu Masan, Mawahib, dan Sam’ani-Bellinda.

“Tiga nama itu, kemudian kami serahkan kepada DPD dan DPP Partai Hanura. Dari tiga nama itu, kemudian dipilihlah Pak Sam’ani dan Mbak Bellinda,” bebernya Sa’diyanto kepada Betanews.id melalui sambungan telepon, Selasa (25/6/2024).

Dia juga mengungkapkan, alasan Partai Hanura memberikan rekomendasi, salah satunya karena komposisinya sudah lengkap. Hal itu jadi perhatian DPD dan DPP Hanura, karena calon lain belum punya pasangan.

Selain itu, kata dia, pertimbangan lainnya adalah elektabilitas. Sebelum memberikan rekomendasinya, DPP dan DPD Partai Hanura terlebih dulu melakukan survei.

“Hasil survei itu, elektabilitas Pak Sam’ani dan Bellinda tertinggi. Jadi, elektabilitas dan sudah ada pasangannya itu jadi pertimbangan DPP, sehingga keluar rekom penugasan kepada Pak Sam’ani,” ungkapnya.

Baca juga: Sam’ani-Bellinda Resmi Dapat Rekom Nasdem untuk Maju Pilkada Kudus 2024

Rekomendasi dari Partai Hanura menambah dukungan Partai Nasdem dan PAN yang sudah lebih dulu. Dari tiga parpol tersebut, Pasangan Berakronim Santri itu sudah mengantongi dukungan delapan kursi DPRD Kudus dari sembilan kursi yang jadi syarat KPU. Dengan ini, mereka tinggal mencari dukungan satu kursi lagi.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER