31 C
Kudus
Sabtu, Juni 15, 2024

Ditarget Rp5,7 M, Realisasi PAD Pariwisata di Jepara Baru Rp2,1 M

BETANEWS.ID, JEPARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata senilai Rp5,7 miliar. Dari target tersebut, hingga pertengahan tahun baru terealisasi Rp2,1 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara, Moh Eko Udyyono optomis bisa memenuhi target. Mengingat, Jepara memiliki potensi besar dalam bidang pariwisata.

“Jepara itu komplet. Kita ada pantai ada juga gunung. Jadi pada 2024 orang banyak ke Jepara tapi tidak harus ke Bandengan tapi bisa ke Tempur atau Sumosari,” katanya dalam dialog interaktif Tamansari Menyapa di Radio Kartini, Kamis, (6/6/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Teluk Awur Wakili Jepara di Lomba Desa Tingkat Provinsi

Lebih lanjut ia mengatakan, sektor pariwisata memiliki multiplier effect yang bisa berpengaruh pada unit usaha lain.

“Pariwisata bisa menjadikan peluang usaha bagi seluruh masyarakat, membuka peluang, dan menyingkirkan pengangguran,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Jepara, Haizul Ma’arif, mengatakan, untuk mendukung terealisasinya PAD dari sektor pariwisata, pihaknya telah mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) terkait pajak dan retribusi.

Baca juga: Benda Diduga Cagar Budaya Kembali Ditemukan di Kawasan Candi Bubrah Jepara

Sejak ada perda itu, pada 2022 PAD yang terkumpul sebanyak 2,5 miliar dan meningkat sebanyak 3,4 miliar di 2023.

“Kita tentu ingin mengevaluasi dan menyupport bagaimana untuk terus menggenjot (PAD). Kita ingin melihat sejauh mana peningkatan PAD yang diperoleh dari sektor pariwisata karena dulu free setiap hari kecuali Sabtu-Minggu,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER