31 C
Kudus
Sabtu, Juni 15, 2024

BPJS Kesehatan Berharap Tahun Ini UHC Kudus Capai 100 Persen

BETANEWS.ID, KUDUS – Cakupan Universal Health Coverage (UHC) Kabupaten Kudus telah mencapai target Nasional sebesar 98 persen. Meski begitu, BPJS Kesehatan Cabang Kudus berharap tahun ini bisa 100 persen.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus, Heni Riswanti, mengatakan, saat ini masih ada 11.000 orang yang belum mendapat jaminan kesehatan atau menjadi peserta JKN. Untuk mencapai target 100 persen itu, pihaknya menggencarkan program CSR dari badan usaha maupun fasilitas kesehatan.

“UHC Kudus sudah memenuhi target RPJMN 98 persen, yaitu 98,7 persen. Tentu hal itu atas dukungan semua pihak termasuk badan usaha sektor kesehatan (rumah sakit) yang telah memberikan CSR-nya untuk masyarakat,” bebernya di Hotel Gripta, Jumat (7/6/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Tahun Ini RS Mardi Rahayu Bayari Iuran 182 Peserta BPJS

Heni menuturkan, Kudus saat ini UHC-nya sudah non-cut off, sehingga warga yang memang tidak mampu bisa langsung mengajukan pendaftaran ke Dinas Sosial (Dinsos) untuk mendapatkan jaminan kesehatan.

“Jadi pada saat daftar kemudian masuk datanya ke kami itu bisa langsung, tidak perlu menunggu tanggal satu di bulan berikutnya. Jadi benefit untuk Kabupaten/Kota yang sudah UHC non-cut off bisa langsung aktif,” ujarnya.

Sementara soal penghapusan kelas BPJS, katanya, hal itu memang seharusnya menjadi standar perawatan untuk menjamin kesehatan.

“Di Perpres Nomor 59 Tahun 2024 itu, disampaikan, Kris itu ada standar rawat inap. Semua ruang rawat inap rumah sakit pemerintah dan swasta harus memenuhi 12 kriteria,” ungkapnya.

Baca juga: Tak Puas Layanan Rumah Sakit, Peserta JKN Bisa Ngadu ke Poros BPJS Kesehatan

Beberapa kriterianya itu mencakup ventilasi, jendela, kamar mandi yang berada di dalam ruang rawat inap. Kemudian ruang rawat inap juga diwajibkan ada tabung oksigen.

 “Sebetulnya hanya pemenuhan standar saja. Masalah pembagian kelas, itu usianya berapa, memang saat ini belum. Saat ini masih berlaku Perpres lama. Tapi rata-rata rumah sakit sudah mempersiapkan, karena di Perpres tersebut, bahwa Juni 2025 porprosinya harus sudah memenuhi standar,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER