BETANEWS.ID, KUDUS – BPJS Kesehatan Cabang Kudus meluncurkan Loket Pelayanan InformasiĀ dan Portal Quick Response (Poros) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Loekmono Hadi Kudus, Jumat (29/9/2023). Dua inovasi itu bertujuan untuk memaksimalkan pemberian informasi serta pengaduan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terkait layanan di rumah sakit.
Penjabat (Pj) Pj Bupati Kudus, Bergas C Penanggungan, menyambut baik peluncuran dua layanan ini karena bisa membantu masyarakat dalam menjangkau layanan kesehatan.

“Oleh sebab itu, kami berterima kasih kepada BPJS Kesehatan. Semoga ini bisa jadi solusi bagi peserta JKN bisa mendapatkan layanan kesehatan lebih baik lagi,” ujar Bergas.
Baca juga: Tagihan Klaim BPJS Kesehatan Faskes di Kudus Capai Rp520 M
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus, Heni Riswanti, mengatakan, Loket Pelayanan Informasi dan Poros adalah bentuk transformasi mutu layanan yang selama ini digaungkan, yani mudah, cepat dan setara.
āDi sini peserta bisa mendapatkan kemudahan akses untuk melakukan pengaduan, keluhan atau permintaan informasi terkait BPJS Kesehatan,” ujar Heni.
Dengan layanan ini, lanjut Heni, masyarakat yang membutuhkan informasi terkait layanan JKN bisa ke loket tersebut. Tak hanya itu, di loket tersebut peserta JKN juga bisa melakukan pengaduan terkait layanan kesehatan di rumah sakit.
Baca juga: 41.338 Warga Kudus Nunggak Iuran BPJS Kesehatan, Total Tunggakan Rp35,9 M
“Di loket itu ada dua petugas, satu dari BPJS Kesehatan satunya lagi dari pihak rumah sakit. Dua petugas itu ada nomor telepon dan bisa dihubungi apabila masyarakat atau peserta JKN memang tidak sempat datang ke loket,” ungkapnya.
Dia mengatakan, layanan ini sudah ada di lima dari sembilan rumah sakit di Kudus yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
“Sebenarnya untuk informasi layanan JKN di sembilan rumah sakit sudah ada semua. Namun, yang berstandar seperi di RSUD Loekmono Hadi baru lima rumah sakit,” imbuhnya.
Editor: Ahmad Muhlisin