31 C
Kudus
Sabtu, Juni 15, 2024

Tahun Ini RS Mardi Rahayu Bayari Iuran 182 Peserta BPJS

BETANEWS.ID, KUDUS – RS Mardi Rahayu mendukung pencapaian Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Kudus hingga 100 persen. Salah satunya melalui program Inovasi pendanaan masyarakat peduli JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Dalam program CSR ini, rumah sakit tersebut sudah membantu ratusan warga sejak 2020 lalu.

Direktur Sumber Daya dan Umum RS Mardi Rahayu, Yuliana Wara mengatakan, pihaknya saat ini memang menjadi salah satu donatur untuk menjamin masyarakat mendapatkan jaminan kesehatan. Saat ini, ada sebanyak 182 orang yang mendapatkan jaminan kesehatan karena belum terdaftar di BPJS Kesehatan.

“Donasi ini merupakan CSR RS Mardi Rahayu sebagai tanggung jawab sosial dan lingkungan kami kepada masyarakat Kudus. Utamanya untuk masyarakat yang belum memiliki kepesertaan BPJS Kesehatan, dari berbagai sumber pendanaan. Termasuk dalam PBI pusat maupun PBI dari Pemda.

-Advertisement-

Baca juga: RS Mardi Rahayu Raih Penghargaan Faskes CSR Terbanyak dari BPJS Kesehatan

“Anggaran untuk kepesertaan, bantuannya adalah untuk kelas tiga. Kalau untuk nominalnya, ya, iuran kelas tiga yaitu Rp35 ribu kali 182 peserta kali 12 bulan (Rp 76.440.000),” ungkapnya.

Untuk teknis mendapatkan bantuan jaminan kesehatan dari RS Mardi Rahayu, warga tinggal mengajukan diri kepada Kepala Bagian Umum. Keikutsertaan adalah satu Kartu Keluarga (KK) dan dipastikan belum memiliki penanggung pembiayaan lainnya.

“Jadi tidak termasuk peserta PBI, peserta PBI Mandiri, dan lain sebagainya. Kalau memang tidak memiliki kepesertaan nanti akan kami bantu. Jadi memang betul-betul tidak punya, tidak mampu juga, maka kami terbuka,” tuturnya.

Baca juga: Waspada! Kudus Diprediksi Alami Kekeringan di Bulan-Bulan Ini

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus, Heni Riswanti menambahkan, Kabupaten Kudus saat ini sudah memenuhi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 98 persen dari Pemerintah Pusat. Bahkan cakupannya di tahun ini sebesar 98,7 persen.

“UHC Kabupaten Kudus itu sudah memenuhi target RPJMN 98 persen, tadi cakupannya 98,7 persen. Tentu UHC 98 persen bisa tercapai, kalau tidak didukung oleh semua bagian juga tidak bisa terwujud,” jelasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER