31 C
Kudus
Senin, Mei 20, 2024

Jemaah Calon Haji Dilarang Bawa Koper Selain dari Pemerintah, Jika Nekat Ini Akibatnya

BETANEWS.ID, JEPARA – Menjelang pemberangkatan Jemaah Calon Haji (Calhaj), Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara telah menerima 1.415 koper serta buku panduan ibadah haji, Selasa (7/5/2024).

Kasi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, Kemenag Jepara, Sri Yuliati menjelaskan,  koper serta buku panduan kemudian langsung didistribusikan ke masing-masing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), untuk selanjutnya diberikan ke masing-masing Calhaj.

Sedangkan bagi calhaj yang mendaftar secara mandiri atau tidak melalui KBIH, dapat mengambil koper serta buku panduan di Kantor Kemenag Jepara. Ia mengatakan, terdapat 37 calhaj yang berangkat lewat jalur mandiri pada tahun ini.

Baca juga: 9 Jemaah Calon Haji Jepara Gagal Berangkat ke Tanah Suci; 1 Meninggal

“Adapun isi dalam satu paket koper yang diterima calhaj yaitu koper kabin, koper bagasi, serta tas paspor. Bagi calhaj nantinya tidak diperkenankan membawa koper lain selain koper yang sudah disediakan dari pihak pemerintah,” tegasnya katanya saat ditemui di Kantor Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu, Kabupaten Jepara.

Apabila terdapat calhaj yang nekat membawa koper selain dari yang sudah disediakan, maka koper yang dibawa tidak akan masuk dalam penerbangan.

“Jemaah haji reguler tidak diperkenankan membawa koper selain yang sudah disediakan oleh pemerintah. Nanti kalau mereka membawa pasti akan dikembalikan dan tidak bisa dibawa terbang,” ujarnya.

Baca juga: 1.414 Jamaah Calon Haji Jepara Akan Berangkat Akhir Mei, 318nya Lansia

Dari jumlah koper yang diterima, terdapat dua koper cadangan. Koper tersebut nantinya digunakan apabila terdapat koper calhaj yang diterima dalam kondisi rusak. Sehingga, bagi Calhaj yang menerima koper dalam keadaan tidak baik, diminta untuk segera melapor, agar mendapat ganti koper yang lebih baik.

“Kami hitung ada cadangan dua, itu nanti manakala ada yang rusak atau apa, sehingga untuk mengganti,” katanya.

-Advertisement-

Sebagai informasi, calhaj dari Kabupaten Jepara akan berangkat ke tanah suci pada tanggal 30-31 Mei 2024 yang terbagi ke dalam lima kloter, yaitu kloter 72-76.

Editor: Ahmad Muhlisin

spot_imgspot_imgspot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER