31 C
Kudus
Kamis, Mei 23, 2024

9 Jemaah Calon Haji Jepara Gagal Berangkat ke Tanah Suci; 1 Meninggal

BETANEWS.ID, JEPARA – Sembilan Jemaah Calon Haji (Calhaj) asal Kabupaten Jepara gagal berangkat ke Tanah Suci akhir Mei ini. Menurut Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara, Siti Yuliati, alasan mereka batal haji yaitu mengundurkan diri karena hamil, sakit, dan mendampingi suaminya yang sedang sakit.

Kemudian tiga lainnya melakukan penundaan pemberangkatan, karena satu orang sedang sakit dan dua lainnya merupakan pasangan suami istri, tapi sang suami meninggal sehingga istrinya menunda pemberangkatan pada tahun ini.

“Jadi total yang mundur ada sembilan, tapi enam yang mundur itu sebelum dilakukan pramanifest urusan paspor. Sehingga ketika enam itu kita input dan kita laporkan bisa menambah jatah kuota Jemaah calon haji cadangan,” katanya di Kantor Kemenag Jepara, Kamis (2/5/2024).

-Advertisement-

Baca juga: 1.414 Jamaah Calon Haji Jepara Akan Berangkat Akhir Mei, 318nya Lansia

Calhaj cadangan yang bisa menggunakan kuota tersebut yaitu yang memiliki nomor urut antrean setelah 12 Agustus 2012. Akan tetapi kuota calhaj cadangan tersebut tidak masuk ke dalam kuota haji per kabupaten, melainkan kuota haji Provinsi Jawa Tengah.

Menurutnya, calhaj dari kabupaten lain di Jawa Tengah yang memiliki nomor urut kursi berdekatan dengan calhaj yang mundur bisa masuk menjadi calhaj, dengan syarat melunasi pembayaran biaya haji dan menandatangani surat pernyataan.

“Bagi jemaah calon haji yang nomor porsinya setelah 12 Agustus 2012 kita berikan informasi kalau mereka mau menggunakan kuota cadangan, kami minta untuk segera melunasi,” jelasnya.

Baca juga: Almuna, Pusatnya Perlengkapan dan Oleh-oleh Haji di Pati

“Dengan catatan menandatangani surat perjanjian di atas materai. Kalau jatahnya untuk berangkat bisa diberangkatkan. Tapi kalau nomor porsinya masih jauh dari alokasi, mereka tidak bisa menuntut kepada kami karena kami memang tidak bisa menjamin,” tambahnya. 

Sedangkan bagi sembilan calhaj asal Jepara yang mundur, mereka akan diundang kembali untuk berangkat pada tahun depan.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER