31 C
Kudus
Minggu, Mei 19, 2024

7.857 Perempuan Jepara Pecahkan Rekor MURI

BETANEWS.ID, JEPARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara kembali mencatatkan Rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) lewat aksi 7.857 perempuan berkebaya, menyeduh dan minum kopi di Pantai Tirta Samudera, Bandengan, Jepara.

Ribuan masyarakat yang didominasi oleh perempuan tampak hadir meramaikan kegiatan tersebut. Tidak hanya didominasi peserta pemecahan Rekor MURI, tetapi juga para wisatawan yang menikmati wisata pasir pantai.

Baca Juga: Dongkrak Kunjungan Wisata, Pemkab Jepara Bakal Rutin Gelar Festival Budaya

Sebelum kegiatan pemecahan rekor MURI dimulai, wisatawan dan peserta dihibur oleh alunan musik dari Grup Carang Pakang yang berasal dari Desa Bandengan.

Sri Widayati, Perwakilan MURI mengatakan jumlah perempuan berkebaya yang tadinya diajukan oleh Pemkab Jepara sebanyak 6.300 peserta, namun setelah dilakukan penghitungan ternyata lebih dari yang disampaikan.

“Kegiatan menyeduh kopi oleh perempuan berkebaya terbanyak, 7.857 resmi tercatat di MURI sebagai rekor ke 11.627,” katanya pada Minggu (12/5/2024) di Pantai Bandengan, Jepara.

Dengan adanya kegiatan tersebut ia berharap ke depan, potensi kopi Jepara bisa dikenal luas, tidak hanya oleh masyarakat Indonesia tetapi juga dunia, seperti halnya karya ukir dari Jepara.

Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta mengatakan melalui kegiatan tersebut diharapkan mampu mengenalkan dan mempromosikan potensi Kopi Jepara. Berdasarkan data dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Jepara, hasil produksi kopi di Jepara selama lima tahun terakhir mengalami peningkatan.

Produksi Kopi Arabika yang pada tahun 2019 hanya sebesar empat ton dari lahan seluas sepuluh ribu hektare, di tahun 2023 menjadi 4,8 ton dari lahan seluas 10,2 ribu hektare.

Kemudian hasil produksi Kopi Robusta pada tahun 2019 sekitar 800 ton dari lahan seluas sekitar 1.500 hektare, di tahun 2023 meningkat menjadi 1,3 juta ton dari luas lahan sekitar 1.800 hektare.

-Advertisement-

Baca Juga: Pemecahan Rekor MURI di Pantai Bandengan Ditarget Tarik hingga 8 Ribu Wisatawan

“Kegiatan ini sekaligus untuk membranding hasil kopi Jepara, dari Pemkab sendiri memang belum secara masif (membranding), tetapi setelah ini kami meminta di OPD, camat untuk menyajikan kopi Jepara,” katanya.

Kegiatan tersebut kemudian ditutup dengan penampilan parade budaya berupa Jembul Banyumanis dari Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara.

Editor: Haikal Rosyada

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER