31 C
Kudus
Senin, Mei 20, 2024

Kamar Pingit Kartini Jadi Daya Tarik Wisata yang Bikin Penasaran Pengunjung

BETANEWS.ID, JEPARA – Selain berfungsi untuk kegiatan pemerintahan, Pendopo Kabupaten Jepara memiliki ruang khusus yang menjadi daya tarik wisata yaitu Kamar Pingit RA. Kartini. Kamar tersebut berada di bagian paling belakang Pendopo. 

Kamar berukuran 12 meter persegi tersebut dulunya menjadi tempat bagi RA. Kartini menjalani masa pingitan di usia remaja sebelum akhirnya menikah dengan Bupati Rembang.

Baca Juga: Kolam Renang Kampung Kuto Tak Pakai Kaporit Lho, Airnya Pasti Lebih Sehat dan Segar

Di bagian depan kamar, tepatnya di sisi kanan pintu terpajang foto RA. Kartini mengenakan kebaya berwarna putih. Kemudian tiga foto yang dipajang di atas rak berisi Kartini bersama dengan dua adiknya, Kardini dan Rukimi; Kartini bersama murid-muridnya; dan Kartini pada saat mengajar.

Sedangkan di sisi kiri pintu, terdapat dua almari. Pertama, berisi kain batik beserta alat untuk membatik dan kedua, berisi kain jarik bermotif Parang Kusumo dan kebaya.

Sedangkan di bagian dalam kamar, di sisi kanan terdapat meja belajar yang dibawahnya terdapat mainan dakon dan diatasnya terpajang foto Kartini dan ibunya, RMA. Ngasirah.

Sementara di sisi kiri, terdapat tempat tidur kuno bercorak ukir dan diatasnya tersusun rapi tempat obat, tempat perhiasan, lukisan bergambar tiga angsa, foto Kartini, dan alat untuk membatik.

Suasana Jawa kuno juga masih terasa saat berkunjung ke ruang kamar pingit. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara, Moh Eko Udyyono mengatakan beberapa ornamen seperti lantai, jendela pintu, masih dijaga keasliannya sejak jaman dulu. 

“Selain Kamar Pingit, yang selalu menjadi daya tarik pengunjung yaitu tempat Kartini dulu mengajar. Tempat itu ada di bagian serambi belakang, dulu disana digunakan Kartini untuk mengajar anak-anak,” ungkapnya saat ditemui di Kantor Disparbud Jepara, Jum’at (29/3/2024).

Baca Juga: Museum Jenang, Tempat Ngabuburit Asyik di Kota Kretek

-Advertisement-

Ruang kamar tersebut, juga sudah ditetapkan menjadi Cagar Budaya. Namun, karena untuk menuju Kamar Pingit harus melewati ruang yang saat ini berfungsi sebagai tempat tinggal Pj Bupati Jepara, kamar pingit tidak dapat dijadikan objek wisata yang bisa dikunjungi setiap saat.

“Pendopo ini kan juga menjadi tempat tinggal pak bupati, sehingga masyarakat yang ingin berkunjung kesana harus mengikuti prosedur. Namun ke depan, kita akan usahakan untuk membuat paket wisata terusan dari Museum Kartini ke Pendopo Kabupaten di hari Sabtu dan Minggu,” katanya.

Editor: Haikal Rosyada

spot_imgspot_imgspot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER