31 C
Kudus
Kamis, Mei 23, 2024

Anak-Anak SD dan SMP di Jepara Ternyata Sudah Lihai Mengukir, Ini Buktinya

BETANEWS.ID, JEPARA – 18 Siswa yang terdiri dari delapan murid SMP dan 10 murid SD di Jepara terlihat begitu lihai saat mengikuti lomba mengukir yang diadakan oleh SMKN 2 Jepara. Dengan telaten dan sabar mereka memahat kayu yang sudah ditempeli motif ukir oleh panitia.

Rustam, Ketua Jurusan Kriya Kayu SMKN 2 Jepara mengatakan tujuan lomba tersebut diadakan salah satunya sebagai respon terhadap minimnya regenerasi pengukir di Jepara yang sudah hampir punah.

Baca Juga: 1.414 Jamaah Calon Haji Jepara Akan Berangkat Akhir Mei, 318nya Lansia

-Advertisement-

“Tujuannya ada banyak, salah satunya karena pengukir di Jepara ini kan sudah hampir punah tidak ada penerusnya,” katanya pada Rabu (24/4/2024).

Sehingga dengan adanya lomba tersebut diharapkan para peserta nantinya dapat melanjutkan pendidikan di bidang ukir, salah satunya di SMKN 2 Jepara.

“Ketika dari SD dan SMP sudah ada bekal sehingga, ketika nanti masuk di SMK harapannya sudah familiar dengan ukir dan nantinya bisa melanjutkan ke SMK 2 Jepara,” tambahnya.

Terdapat beberapa kriteria yang dinilai untuk menentukan Juara 1-3, yaitu, kerapihan, keluwesan, ketepatan waktu, dan hasil akhir dalam mengukir. Melihat ketrampilan yang dimiliki oleh 18 peserta lomba, ia memperkirakan bahwa rata-rata para peserta tersebut berasal dari keluarga yang orang tuanya juga bekerja sebagai pengukir.

Terlebih saat ini, sekolah dasar yang ada di Kabupaten Jepara belum menerapkan muatan pelajaran lokal mengukir.

Baca Juga: Sidang Perdana Gugatan Pemkab ke BPR Jepara Artha Digelar Senin Depan

“Sekilas tadi saya lihat banyak yang sudah mahir padahal di SD belum ada muatan lokal ukir. Sehingga bisa jadi mereka (18 peserta) memang dari kalangan keluarga pengukir, rata-rata bapaknya tukang ukir,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa lomba tersebut diadakan dalam rangka gelar karya tugas akhir siswa kelas XII dan XIII SMKN 2 Jepara. Selain lomba ukir, juga terdapat lomba fashion show tingkat SD dan SMP se-kabupaten Jepara pada Kamis (25/4/2024) dan lomba lukis gerabah tingkat SMP se-Kabupaten Jepara pada Jum’at (26/4/2024).

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER