31 C
Kudus
Senin, Mei 20, 2024

1.395 Calhaj Asal Kudus Akan Dapat Bimbingan Manasik Haji Mulai Besok

BETANEWS.ID, KUDUS – Musim haji kurang sebentar lagi, jemaah calon haji (Calhaj) asal Kabupaten Kudus akan mendapat bimbingan manasik haji mulai besok. Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Asrul Fatkhi, saat ditemui di kantornya, Jumat (19/4/2024).

Menurutnya, persiapan pemberangkatan calhaj asal Kota Kretek itu sudah mendekati final. Artinya, jumlah kuota jemaah yang akan diberangkatkan ada sebanyak 1.395 jemaah. Total itu sudah terdata termasuk ada 11 Petugas Haji Daerah dan lima orang pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU).

Ia menjelaskan, semua jemaah haji asal Kudus sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) 2024 Embarkasi Solo 2024 sebesar Rp56 juta.

-Advertisement-

Baca juga: Warga Kudus Ini Terpaksa Batal Pergi Haji, Alasannya Mengharukan 

“Jadi untuk pelunasan terakhir kemarin pada Maret 2024 ini. Jadi semua sudah lunas, sehingga semua jemaah akan kita beri bimbingan manasik haji mulai besok, Ahad (21/4/2024),” ungkapnya.

Asrul mengatakan, bimbingan manasik haji terhadap Calhaj Kudus akan dilakukan di Hotel @Hom by Horison Kudus. Menurutnya, bimbingan manasik haji akan dibagi menjadi dua, karena kapasitas hotel yang terbatas.

“Kita akan bagi menjadi dua karena kapasitas hotel yang terbatas. Pertama di hari Ahad dan Senin (21-22/4/2024) sebanyak 700 jemaah untuk wilayah empat Kecamatan, yaitu Kaliwungu, Kota, Jekulo, dan Jati. Sisanya hari Selasa dan Rabu (23-24/4/2024) untuk Kecamatan Bae, Dawe, Gebog, Mejobo, dan Undaan,” jelasnya.

Baca juga: Jemaah Calon Haji Lansia Asal Pati Jumlahnya Turun Drastis

Pemberian bimbingan manasik haji untuk jemaah, katanya, agar para jemaah calon haji mengetahui cara melaksanakan ibadah haji yang benar. Di antaranya meliputi, pengetahuan, keadaan dan kondisi di Arab Saudi, cara menjaga kesehatan saat beribadah, dan lain sebagainya.

Pihaknya berharap, penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 bisa terlaksana dengan baik dan lancar. Terlebih untuk calon jemaah haji agar tetap menjaga kondisi kesehatan hingga hari pemberangkatan.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER